• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (INVESTIGASI KELOMPOK) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VIIA SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 AMBULU TAHUN AJARAN 2008/2009

    Thumbnail
    View/Open
    Unlock-fkip-gdlhub-gdl-lutfidwizu-7254-1-lutfid.-h_1.pdf (275.9Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    LUTFI DWI ZULAIKAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi SMP Negeri 1 Ambulu diperoleh informasi bahwa siswa disana tergolong lemah dalam pemahaman konsep, termasuk konsep segiempat. Kebanyakan siswa hanya menghafalkan, baik definisi, sifat-sifat maupun rumus-rumus segiempat. Hal ini juga terjadi pada kelas VIIA. Dengan melihat latar belakang diatas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran, aktivitas siswa, dan peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep segiempat setelah pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan teknik mind mapping. Subyek penelitian yang diambil adalah siswa SMP Negeri 1 Ambulu kelas VIIA sebanyak 41 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode tes. Penelitian ini di rencanakan menggunakan dua siklus, yaitu apabila siklus pertama telah mengalami peningkatan, maka tidak dilanjutkan pada siklus selanjutnya dan apabila belum mengalami peningkatan maka penelitian ini akan dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep segiempat diamati dengan membandingkan hasil tes pendahuluan dengan tes akhir. Akan tetapi karena pada siklus pertama sudah terjadi peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep segiempat, maka tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan teknik mind mapping ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan pada hasil observasi, tes I, II, III dan wawancara. Aktivitas siswa selama pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan teknik mind mapping dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang diperoleh dari hasil observasi. Sedangkan kemampuan pemahaman siswa terhadap konsep segiempat dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang diperoleh dengan membandingkan rata-rata hasil skor tes pendahuluan dengan ratarata hasil skor tes akhir siswa. Dari analisis data diperoleh bahwa pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan teknik mind mapping berjalan dengan baik dan lancar, serta dapat dikatakan cukup berhasil. Dimana aktivitas siswa selama pembelajaran dapat dikategorikan sangat aktif. Persentase rata-rata seluruh aktivitas siswa sebesar 82,44%. Dengan persentase rata-rata seluruh aktivitas siswa dalam kegiatan kooperatif sebesar 78,05% dan persentase rata-rata seluruh aktivitas siswa dalam pembuatan mind mapping sebesar 86,83%. Sedangkan rata-rata skor siswa pada tes pendahuluan sebesar 41,15 menjadi 80,35 pada tes akhir setelah pembelajaran yaitu naik sebesar 39,2 poin. Dengan demikian, pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan teknik mind mapping telah berhasil meningkatkan pemahaman siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Ambulu terhadap konsep segiempat. Jadi, model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (investigasi kelompok) dengan teknik mind mapping (peta pikiran) ini, dapat digunakan sebagai alternatif dalam pengelolaaan pembelajaran yang berorientasi pada pengoptimalan pemahaman konsep pada siswa sekaligus aktivitas siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21519
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository