PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI POKOK BAHASAN BANK DI KELAS X.2 SMA NEGERI PLUS SUKOWONO
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang
kurang tepat khususnya pada siswa kelas X.2 di SMA Negeri Plus Sukowono.
Terbukti dengan perolehan nilai ulangan harian siswa pada pokok bahasan
sebelumnya yaitu Uang mencapai ketuntasan 66,66%. Nilai ulangan harian tersebut
lebih rendah jika dibandingkan dengan kelas X yang lain. Permasalahan dalam
penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan model SAVI dapat meningkatkan
hasil belajar dan apakah dengan melalui penerapan model SAVI dapat meningkatkan
hasil belajar siswa dengan mengacu pada ranah kognitif dan psikomotorik pada mata
pelajaran ekonomi pokok bahasan bank di kelas X2 SMAN Plus Sukowono
Kabupaten Jember tahun ajaran 2010/2011. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui proses penerapan model SAVI dan meningkatan hasil belajar siswa
dengan mengacu pada ranah kognitif dan psikomotor pada mata pelajaran ekonomi
pokok bahasan bank siswa kelas X.2 SMAN Plus Sukowono Kabupaten Jember
tahun ajaran 2010/2011.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penentuan tempat penelitian
ini menggunakan metode purposive yaitu tempat penelitian sudah ditentukan dengan
sengaja disesuaikan dengan tujuan penelitian yakni di kelas X.2 SMA Negeri Plus
Sukowono. Penentuan responden pada penelitian ini menggunakan populasi yaitu
seluruh siswa kelas X.2 sebanyak 33 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 14
siswa perempuan. Peneliti menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode
yang peneliti gunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara,
dokumentasi dan tes. Analisis data pada penelitian ini antara lain dengan penerapan
model SAVI, kegiatan guru selama mengajar, hasil belajar siswa pada aspek kognitif
dan psikomotor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model SAVI dapat
membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.2 yang ditandai
dengan perolehan nilai ulangan harian pada siklus I yaitu 72,72% meningkat menjadi
87,87%. Hal ini berarti telah melebihi target pencapaian kompetensi suatu indikator
yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 85%. Keterampilan siswa bersimulasi peran juga
mengalami peningkatan dari 84,9% menjadi 96,96%, sehingga kriteria keterampilan
simulasi siswa dapat dikatakan sangat baik. Pembelajaran dengan menggunakan
model SAVI pada pokok bahasan bank di kelas X.2 SMA Negeri Plus Sukowono
Kabupaten Jember merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih dan digunakan
oleh guru dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa