Show simple item record

dc.contributor.authorRAHMAT ARIF HIDAYAT
dc.date.accessioned2014-01-22T13:30:03Z
dc.date.available2014-01-22T13:30:03Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM030210102138
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21272
dc.description.abstractPembelajaran fisika di SMP pada umumnya masih menggunakan model pembelajaran konvensional, yaitu suatu model pembelajaran yang menitikberatkan pada guru sebagai subyek yang aktif dalam pembelajaran sedangkan siswa hanya sebagai pendengar materi saja (pasif). Berdasarkan observasi peneliti di SMP Negeri 4 Jember, ditemukan kesan dari siswa kelas VIII-A bahwa mata pelajaran fisika adalah salah satu mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Dari hasil observasi saat mengikuti pelajaran melalui metode ceramah, hanya terdapat 20,5 % yang aktif dalam pembelajaran, sedangkan pada saat pembelajaran melalui metode diskusi terdapat 53,8 % siswa yang aktif dalam pembelajaran, siswa aktif dalam bertanya, menjawab pertanyaan, maupun berdiskusi. Rendahnya aktivitas siswa tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil wawancara menunjukkan siswa lebih suka pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa merasa bersemangat untuk belajar dan tidak jenuh. Salah satu pembelajaran yang srateginya kontruktivisme adalah model pembelajaran SEQIP. Model pembelajaran SEQIP (Science Education Quality Improvement Project) merupakan proses belajar mengajar yang dilakukan dengan berorientasi pada kebutuhan dan kemampuan siswa dengan memberikan pengalaman belajar yang berguna dan menyenangkan sehingga dapat membangkitkan motivasi siswa dalam belajar. Model pembelajaran SEQIP dengan menggunakan performance assessment pembelajaran yang dilakukan dengan berorientasi pada kebutuhan dan kemampuan siswa yaitu memberikan pengalaman belajar yang berguna dan menyenangkan dengan cara mengukur kemampuan siswa melalui performance assessment. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengkaji aktivitas siswa selama proses pembelajaran fisika melalui model pembelajaran SEQIP dengan menggunakan Performance Assessment; (2) untuk mengkaji hasil penilaian kinerja siswa selama pembelajaran melalui model pembelajaran SEQIP; (3) untuk mengkaji ketuntasan hasil belajar fisika melalui model pembelajaran SEQIP dengan menggunakan Performance Assessment; (4) untuk mengkaji retensi hasil belajar fisika siswa terhadap materi yang telah disampaikan melalui model pembelajaran SEQIP dengan menggunakan Performance Assessment. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, yang menggunakan setting kelas VIII-A SMP Negeri 4 Jember. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah (1) uji aktivitas siswa; (2) uji penilaian kinerja; (3) uji ketuntasan hasil belajar siswa; (4) uji retensi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase aktivitas siswa ( a p ) = 73,03% yang tergolong cukup aktif, nilai rata-rata kelas hasil penilaian kinerja siswa sebesar 86,8 yang tergolong sangat baik, persentase ketuntasan belajar sebesar 83,78 % yang tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Dalam hal ini persentase aktivitas belum mencapai 75 % dan persentase ketuntasan hasil belajar belum mencapai 85 %, sehingga perlu dilakukan perbaikan langkah-langkah pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II didapat persentase aktivitas siswa ( a p ) = 87,37 % yang tergolong aktif, nilai rata-rata kelas hasil penilaian kinerja sebesar 97,9 yang tergolong sangat baik, persentase ketuntasan belajar sebesar 86,68 % yang tergolong telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, serta persentase retensi siswa sebesar 85,68 % yang tergolong dalam kategori kuat. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran SEQIP dengan menggunakan performance assessment dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 4 Jemberen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030210102138;
dc.subjectImplementasi Model Pembelajaran SEQIPen_US
dc.titleIMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SEQIP (SCIENCE EDUCATIOAN QUALITY IMPROVEMENT PROJECT) DENGAN MENGGUNAKAN PENILAIAN KINERJA (PERFORMANCE ASSESSMENT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record