ANALISIS PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN PADA PERUSAHAAN WINA MODERN BAKERY
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penentuan strategi pemasaran, dengan
berdasarkan pada kondisi perusahaan dari sisi pemasaran, keuangan, sumber daya
manusia, maupun operasional. Strategi ini merupakan salah satu cara untuk
mendukung program pemasaran guna mencapai tujuan perusahaan yaitu mencari
keuntungan dan memberikan kepuasan terhadap konsumen. Tujuan penulisan ini
adalah menentukan alternatif strategi pemasaran pada WINA Modern Bakery.
Untuk menentukan strategi pemasaran pada perusahaan digunakan metode
analisis SWOT yaitu dengan menentukan faktor strategis perusahaan kemudian
diolah kedalam tabel IFAS dan EFAS. Rancangan penelitian yang digunakan adalah
penelitian deskriptif, data yang diperoleh dari perusahaan menggunakan faktor
internal (IFAS), dan dan data yang diperoleh dari luar perusahaan dianalisis
menggunakan faktor eksternal (EFAS). Data dari faktor internal dan eksternal
tersebut untuk menentukan posisi perusahaan dalam kuadran, setelah posisi
perusahaan diketahui maka digunakan analisis SWOT untuk menentukan kebijakan
dan strategi apa yang harus dilaksanakan oleh WINA Modern Bakery.
Hasil penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa strategi yang paling tepat
untuk perusahaan yaitu strategi Broad Differentiation, yaitu berusaha memproduksi
dan memasarkan barang dengan karakteristik tertentu yang khas sehingga barang
tersebut dianggap unik dan bahkan eksklusif oleh konsumen. Dengan meningkatkan
daerah pemasaran dan segmen pasar yang baru dan menciptakan produk yang betulbetul
berbeda.
Hal
ini
bertujuan
untuk
memperoleh
nilai
lebih
dan
menciptakan
brand
image
dan brand loyalty. Untuk mempertahankan kinerja perusahaan, sebaiknya
WINA Modern Bakery perlu memperbaiki strategi pemasaran perusahaan dan
semakin waspada dengan kondisi internal dan eksternal perusahaan.