• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN PADA UNIT RAWAT JALAN DI PUSKESMAS KECAMATAN PAKUSARI KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (343)_1.pdf (247.9Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Yunik Fitmar Yanty
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) adalah program bantuan pemerintah dalam bidang kesehatan untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan masyarakat miskin atau kurang mampu. Dalam kegiatan pelayanannya pasien Jamkesmas tidak dipungut biaya. Yang perlu diperhatikan apakah mereka (pasien Jamkesmas) sudah mendapatkan pelayanan yang baik atau sebaliknya. Karena dalam pelaksanaan pelayanannya, diperoleh informasi dari media cetak atau elektronik bahwa tidak jarang ada ada pasien pengguna Jamkesmas mengeluh karena merasa dianak-tirikan pelayanannya oleh rumah sakit atau puskesmas. Permasalahan pada Puskesmas Pakusari Kabupaten Jember adalah selain jumlah kunjungan pasien Jamkesmas yang sedikit mengingat jumlah penerima relatif banyak, terdapat pula keluhan langsung dari pasien Jamkesmas tentang sarana prasarana dan pemungutan biaya. Tujuan penelitian mengetahui tingkat kepuasan pasien Jamkesmas terhadap pelayanan kesehatan pada unit rawat jalan di Puskesmas Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Lokasi di Puskesmas Pakusari Jalan PB. Sudirman No. 87 Pakusari-Jember pada bulan Mei 2011. Populasi adalah pasien Jamkesmas dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 30 orang. Data primer berupa wawancara, kuisioner dan informasi lisan dari pihak Puskesmas. Sedangkan data sekunder berupa dokumentasi data, UU, Surat Keputusan, dan buku sebagai literartur. Sumber data berasal dari pasien Jamkesmas,Bu Esti (Administrasi Data), serta bidan dan perawat. Metode penelitian menggunakan rumus Skala Likert yang kemudian dioperasionalisasikan pada rumus Servqual. Rumus nilai servqual terdiri dari 5 dimensi, yaitu Bukti Langsung (Tangibles), Keandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance) dan Empati (Empaty). Hasil penelitian menggunakan rumus servqual menunjukkan angka negatif dengan skor -3,44 yang artinya kepuasan pasien Jamkesmas terhadap pelayanan kesehatan pada unit rawat jalan di Puskesmas Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember dikatakan tidak puas. Artinya harapan pasien pada layanan tersebut masih jauh dengan apa yang diharapkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21055
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5687]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository