• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penggunaan Metode Diskusi Untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS Siswa kelas V semester II SDN Karangbendo 03 Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    10_1-s.pdf (226.7Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Muji Hartatik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Guru pada proses belajar mengajar, harus memiliki strategi, agar siswa dapat belajar secara efisien dan efektif, mengena pada tujuan yang diharapkan. Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu adalah harus menguasai teknik-teknik penyajian, atau biasanya disebut metode mengajar. Masalah yang akan dicarikan solusi pemecahannya dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Apakah penggunaan metode mengajar diskusi mampu meningkatkan aktivitas belajar bidang studi IPS dengan materi : “Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan ”? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan model model skema PTK. Menurut “Kemmis dan Mc Taggart” kedua tokoh ini mengembangkan teori yang diciptakan oleh “Kurt Lewin” yaitu perencanaan, perlakuan, refleksi dan pengamatan dengan menambah komponen tindakan. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Hal ini dilakukan baik terhadap siswa maupun guru dalam proses belajar mengajar. Dari data yang dihasilkan pada pra siklus keaktifan siswa terlihat sangat kurang yaitu hanya ada 6 siswa ( 42,86%) yang mencapai ketuntasan aktivitas belajar dari 14 siswa. Pada siklus I dengan menggunakan metode diskusi kelompok keaktifan siswa dapat meningkat dari 6 siswa yang tuntas menjadi 10 siswa (71,42%) sehingga ada peningkatan 28,56%. Dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 100% dari jumlah siswa dapat dikatakan aktif dengan rata-rata ketuntasan aktivitas belajar 82,14%. Kesimpulan dari data di atas adalah penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi dalam pembelajaran dianggap baik dan dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran IPS di sekolah, terutama di sekolah dasar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20781
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository