• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK PICK UP CARDS GAME PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    AB (100)a_1.pdf (475.0Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Dwiyana Hidayatul Agustin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peningkatan kualitas pendidikan terus diupayakan salah satunya dengan menciptakan pembelajaran yang lebih efektif. Tercapainya efektifitas pembelajaran didukung dengan menerapkan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Untuk itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat memberikan suasana baru sehingga siswa tidak merasa bosan dan memiliki motivasi tinggi dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian tentang penerapan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game pada pembelajaran fisika di SMP. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game dan menggunakan model konvensional pada siswa SMP?; (2) bagaimanakah efektifitas penerapan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game pada siswa SMP?; (3) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa SMP selama mengikuti pembelajaran menggunakan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game?. Adapun tujuan diadakan penelitian ini adalah: (1) mengkaji perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game dan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa SMP; (2) mengkaji efektifitas penerapan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game pada siswa SMP; (3) mengkaji peningkatan aktivitas belajar siswa SMP selama mengikuti pembelajaran menggunakan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game. Penentuan tempat penelitian dengan teknik purposive sampling area. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sukowono. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test and post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan: (1) uji t untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa antara pembelajaran yang menggunakan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game dan pembelajaran konvensional; (2) uji efektifitas untuk mengetahui efektifitas pembelajaran model cooperative learning dengan teknik pick up cards game dan efektifitas pembelajaran konvensional; (3) prosentase aktivitas siswa untuk mengkaji peningkatan aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game dan pembelajaran konvensional. = 1,9913, sehingga t Analisis data dengan menggunakan uji t menunjukkan hasil t test > t tabel test = 2,677 dan t maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Jadi ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika yang menggunakan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game dan model pembelajaran konvensional. Efektifitas pembelajaran fisika menggunakan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game sebesar 81,63 %, angka ini termasuk dalam kategori sangat efektif. Sedangkan efektifitas pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran konvensional sebesar 66,16 %, angka ini termasuk kategori efektif. Adapun aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game mengalami peningkatan, yaitu dari 80,14 %, 81,81 % dan 83,61 %, nilai ini termasuk kategori sangat aktif. Sedangkan aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan model konvensional tidak mengalami peningkatan bahkan mengalami penurunan, yaitu dari 54,73 %, 53,38 %, dan 52,16 %, nilai ini termasuk kategori cukup aktif. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game dan menggunakan model konvensional pada siswa SMP; (2) penerapan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game sangat efektif untuk pembelajaran fisika di SMP; (3) penerapan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa SMP.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20780
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository