PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK PICK UP CARDS GAME PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan terus diupayakan salah satunya dengan menciptakan
pembelajaran yang lebih efektif. Tercapainya efektifitas pembelajaran didukung dengan
menerapkan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Untuk itu,
diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat memberikan suasana baru sehingga
siswa tidak merasa bosan dan memiliki motivasi tinggi dalam pelaksanaan proses
pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian tentang penerapan
model cooperative learning dengan teknik pick up cards game pada pembelajaran fisika
di SMP. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) adakah perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model cooperative learning dengan
teknik pick up cards game dan menggunakan model konvensional pada siswa SMP?; (2)
bagaimanakah efektifitas penerapan model cooperative learning dengan teknik pick up
cards game pada siswa SMP?; (3) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa
SMP selama mengikuti pembelajaran menggunakan model cooperative learning dengan
teknik pick up cards game?. Adapun tujuan diadakan penelitian ini adalah: (1) mengkaji
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model
cooperative learning dengan teknik pick up cards game dan menggunakan model
pembelajaran konvensional pada siswa SMP; (2) mengkaji efektifitas penerapan model
cooperative learning dengan teknik pick up cards game pada siswa SMP; (3) mengkaji
peningkatan aktivitas belajar siswa SMP selama mengikuti pembelajaran menggunakan
model cooperative learning dengan teknik pick up cards game.
Penentuan tempat penelitian dengan teknik purposive sampling area. Penelitian
dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sukowono. Sampel penelitian ditentukan setelah
dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test and post-test
design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan: (1) uji t untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa antara pembelajaran yang menggunakan model
cooperative learning dengan teknik pick up cards game dan pembelajaran konvensional;
(2) uji efektifitas untuk mengetahui efektifitas pembelajaran model cooperative learning
dengan teknik pick up cards game dan efektifitas pembelajaran konvensional; (3)
prosentase aktivitas siswa untuk mengkaji peningkatan aktivitas belajar siswa selama
mengikuti pembelajaran dengan model cooperative learning dengan teknik pick up
cards game dan pembelajaran konvensional.
= 1,9913, sehingga t
Analisis data dengan menggunakan uji t menunjukkan hasil t
test
> t
tabel
test
= 2,677 dan t
maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha)
diterima. Jadi ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika yang
menggunakan model cooperative learning dengan teknik pick up cards game dan model
pembelajaran konvensional. Efektifitas pembelajaran fisika menggunakan model
cooperative learning dengan teknik pick up cards game sebesar 81,63 %, angka ini
termasuk dalam kategori sangat efektif. Sedangkan efektifitas pembelajaran fisika
menggunakan model pembelajaran konvensional sebesar 66,16 %, angka ini termasuk
kategori efektif. Adapun aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan
model cooperative learning dengan teknik pick up cards game mengalami peningkatan,
yaitu dari 80,14 %, 81,81 % dan 83,61 %, nilai ini termasuk kategori sangat aktif.
Sedangkan aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan model
konvensional tidak mengalami peningkatan bahkan mengalami penurunan, yaitu dari
54,73 %, 53,38 %, dan 52,16 %, nilai ini termasuk kategori cukup aktif.
Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil
belajar fisika menggunakan model cooperative learning dengan teknik pick up cards
game dan menggunakan model konvensional pada siswa SMP; (2) penerapan model
cooperative learning dengan teknik pick up cards game sangat efektif untuk
pembelajaran fisika di SMP; (3) penerapan model cooperative learning dengan teknik
pick up cards game dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa SMP.