PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP SIKAP KEWIRAUSAHAAN
Abstract
PENGARUH PENDIDKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP SIKAP
KEWIRAUSAHAAN (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan
Ekonomi Konsentrasi Bisnis FKIP Universitas Jember Angkatan Tahun 2008);
Khusnul Arifin, 060210301385; 2012:55 halaman; Program Studi Pendidikan
Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jember.
Kenyataannya banyak sumber daya manusia lulusan lembaga pendidikan
tinggi cenderung lebih senang mengisi lapangan kerja yang tersedia baik dari instansi
pemerintah dan swasta dibandingkan dengan berusaha menciptakan lapangan kerja
bagi dirinya sendiri dan orang lain. Berdasarkan data Badan Pusat Statitik (BPS) pada
Februari 2012 pekerja pendidikan tinggi 10,3 juta orang, mencakup 3,1 juta orang
(2,77%) berpendidikan diploma dan 7,2 juta orang (6,43%) berpendidikan
universitas, (www.naker_07mei12). Keinginan untuk diterima di dunia kerja tentu
tidaklah keliru bagi lulusan lembaga pendidikan, namun tidak dapat dipungkiri bahwa
kesempatan kerja sangat terbatas dibandingkan dengan besarnya jumlah angkatan
kerja. Realita di atas menunjukkan perlunya pendidikan kewirausahaan untuk
menanamkan kepribadian kreatif dan inovatif yang memilki jiwa dan sikap
kewirausahaan yang nantinya sumber daya manusia lulusan lembaga pendidikan
tinggi cenderung lebih senang berusaha mandiri dengan membuka usaha baru dan
menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya dan orang lain.
Pendidikan kewirausahaan merupakan suatu proses belajar pengalaman
tentang pengetahuan kewirausahaan dalam mengembangkan potensi diri mahasiswa
untuk menumbuhkan kepribadian kreatif dan inovatif yang memiliki jiwa dan sikap
kewirausahaan. Sikap kewirausahaan merupakan suatu kencenderungan dan
ketersedian untuk bereaksi atau bertindak seseorang (mahasiswa) terhadap nilai-nilai
atau aspek-aspek yang terkandung pada diri seorang wirausaha. Program Studi
viii
Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Bisnis meberikan pendidikan kewirausahaan
kepada mahasiswa untuk menumbuhkan kepribadian kreatif dan inovatif yang
memilki jiwa dan sikap kewirausahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap sikap
kewirausahaan mahasiswa Progam Studi Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Bisnis
FKIP Universitas Jember angkatan tahun 2008.
Penelitian ini di rancang sebagai penelitian survei yang di gunakan untuk
menjelaskan hubugan kausal antara variabel pendidikan kewirausahaan terhadap
variabel sikap kewirausahaan. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan
metode purposive area dan jumlah responden 42 mahasiswa. Data primer diperoleh
peneliti melalui penyebaran angket kepada responden yaitu mahasiswa Program Studi
Pendidikan Ekonomi konsentrasi bisnis FKIP Universitas Jember angkatan tahun
2008. Data sekunder diperoleh dari melalui wawancara dan pencatatan dokumen dan
laporan lembaga terkait yaitu pihak Pengelola bagian akademik Pendidikan Ekonomi
FKIP Universitas Jember. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis
deskriptif dan analisis inferensial.
Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan
berpengaruh terhadap pembentukan sikap kewirausahaan. Hal ini dibuktikan dengan
nilai Fhitung = 65,625 lebih besar dari pada Ftabel = 4,085 dan α = 0,005 lebih besar dari
pada sig F = 0,0000. Hasil perhitungan terhadap koefesien determinasi sebesar rxy
2 =
6,21 atau 62,1% terhadap naik turunnya sikap kewirausahaan. Hal tersebut
menunjukkan bahwa perubahan sikap kewirausahaan yang disebabkan oleh pengaruh
pendidikan kewirausahaan sebesar 6,21 atau 62,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi
oleh faktor lain yang tidak di analisis dalam model seperti minat seseorang terhadap
sikap kewirausahaan, latar belakang keluarga, dan pekerjaan orang tua, lingkungan
bisnis dan sistem nilai budaya. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,790 yang berarti
bahwa pendidikan kewirausahaan memiliki hubungan yang kuat dengan sikap
kewirausahaan mahasiswa.