ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN METODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, dan REVIEW) PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV ) KELAS VIIIB SEMESTER GANJIL SMP MUHAMADIYAH 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2005/2006
Abstract
odel pembelajaran generatif dengan metode PQ4R (Preview, Question,
Read, Reflect, Recite, dan Review) merupakan suatu model pembelajaran untuk
mereduksi miskonsepsi siswa sehingga dari miskonsepsi itu dapat diperoleh konsep
yang benar. Model generatif yang berbasis kontruktivisme terdiri dari empat fase
pembelajaran, yaitu; (1) fase eksplorasi pendahuluan (preliminary); (2) fase
pemusatan (focus); (3) fase tantangan (challenge); (4) fase aplikasi (application).
Metode PQ4R terdiri dari enam langkah, yaitu ; (1) Preview; (2) Questio; (3) Read;
(4) Refle; (5)Recit; dan (6) Review. Fase eksplorasi pendahuluan terdiri dari Preview
dan Question, fase pemusatan terdiri dari Read dan Reflect, fase tantangan terdapat
Recite, dan fase aplikasi terdapat Review. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pelaksanaan langkah-langkah pembelajaran, aktivitas siswa, dan
ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan penerapan
model pembelajaran Generatif dengan metode pembelajaran PQ4R
(Preview,
Question, Read, Reflect, Recite, dan Review) pada pokok bahasan Sistem Persamaan
Linier Dua Variabel (SPLDV) siswa kelas VIIIB semester ganjil SMP Muhamadiyah
1 Jember tahun ajaran 2005/2006.
Pelaksanaan penelitian pada tanggal 29 Nopember 2005 dan 1 - 8 Desember
2005 pada siswa kelas VIIIB semester ganjil SMP Muhamadiyah 1 Jember tahun
ajaran 2005/2006. Metode pengambilan data yang digunakan adalah observasi,
viii
wawancara, tes, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan
jenis penelitian tindakan kelas menggunakan pre-test dan post-test.
Dari analisa data diperoleh pada pre-test ketuntasan belajar siswa belum
tercapai, ketuntasan belajar pada post-test sebesar 93,48 %. Hasil wawancara dengan
siswa yang tidak tuntas adalah kurangnya belajar siswa di rumah, kurang bisa
memahami soal, dan perhatian dalam pembelajaran di kelas. Pada pertemuan II
diperoleh bahwa: antusias siswa masih kurang namun pada tiap-tiap langkah
pembelajarannya berhasil dengan baik, berdasarkan penelitian didapat siswa yang
tidak aktif 39,13 %, cukup aktif 15,2 %, aktif 15,2 %, sangat aktif 30,43 %.
Pertemuan III diperoleh bahwa : siswa memberikan respon antusias yang baik pada
penerapan langkah-langkah dalam pembelajaran, siswa yang tidak aktif 13,04 %,
cukup aktif 15,22 %, aktif 4,34 %, sangat aktif 67,39 %. Pertemuan IV semua siswa
terlihat tertarik sehingga pembelajarannya berhasil, siswa yang tidak aktif 0 %,
cukup aktif 8,69 %, aktif 10,89 %, sangat aktif 80,44 %. Secara keseluruhan
persentase keaktifan siswa semakin meningkat dan yang tidak aktif semakin
menurun.
Kesimpulan yang didapat dari hasil analisa data dan pembahasan adalah
Pelaksanaan langkah-langkah pada Penerapan Model Pembelajaran Generatif dengan
Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review) pada pokok
bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) siswa kelas VIIIB
semester ganjil SMP Muhamadiyah 1 Jember tahun ajaran 2005/2006 yaitu pada tiap
langkah pembelajaran berhasil dengan baik, siswa aktif dan ketuntasan belajar
klasikal 93,48%.