• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK BERTUKAR PASANGAN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    A (124)X_1.pdf (50.91Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    AINUN NADIFAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan terus diusahakan, salah satunya adalah dengan peningkatan kualitas proses belajar mengajar (PBM). Usaha untuk keberhasilan PBM diantaranya dengan menerapkan strategi atau pendekatan pembelajaran yang efektif dan efisien, guna mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Tujuan pembelajaran secara efektif dapat tercapai bila dalam proses belajar mengajar siswa mendapat pengetahuan dan pengalaman belajar yang bermakna. Salah Satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran kontekstual melalui model Cooperative Learning dengan teknik bertukar pasangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model Cooperative Learning teknik bertukar pasangan dengan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMP?; (2) Seberapa besar efektifitas penerapan model Cooperative Learning dengan teknik bertukar pasangan pada pembelajaran fisika di SMP? Tujuan diadakan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model Cooperative Learning teknik bertukar pasangan dengan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMP?; (2) Untuk mengetahui seberapa besar efektifitas penerapan model Cooperative Learning dengan teknik bertukar pasangan pada pembelajaran fisika di SMP? Penentuan tempat penelitian adalah dengan purposive sampling area. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 12 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster viii random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test and post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisa data menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model Cooperative Learning teknik bertukar pasangan dengan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMP, sedangkan uji efektifitas untuk mengetahui efektifitas penerapan model Cooperative Learning dengan teknik bertukar pasangan pada pembelajaran fisika di SMP. Analisis data yang menggunakan uji t ix tes menunjukkan hasil t tes = 3,830 dan t tabel = 1,6667, sehingga t hitung > t tabel hitung maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Jadi ada perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika antara pembelajaran yang menggunakan model Cooperative Learning dengan teknik bertukar pasangan dan model pembelajaran konvensional pada siswa SMP. Efektifitas pembelajaran fisika menggunakan model Cooperative Learning dengan teknik bertukar pasangan pada pembelajaran fisika di SMP sebesar %30,78=η , angka ini termasuk dalam kategori efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model Cooperative Learning teknik bertukar pasangan dengan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMP; (2) Keefektifitasan penggunaan model Cooperative Learning teknik bertukar pasangan dan model konvensional adalah sebesar 78,30% dan 73,90%, maka ada perbedaan efektifitas antara model Cooperative Learning dengan teknik bertukar pasangan dan model konvensional tetapi tidak signifikan
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20295
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository