• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (83)xx_1.pdf (602.3Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    RINI TRI WINARSIH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran yang selama ini diterapkan di sekolah-sekolah masih mengunakan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut akan berdampak pada proses belajar mengajar dimana aktivitas belajar siswa yang rendah dan hasil belajar siswa tidak sesuai dengan standar ketuntasan belajar di SMP 13 Jember. Agar siswa memiliki aktivitas belajar dan hasil belajar yang lebih baik, guru harus selektif dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karateristik mata pelajaran IPS (ekonomi). Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPS (ekonomi) pokok bahasan pasar adalah model Numbered Heads Together (NHT). Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses penerapan model NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (ekonomi) pokok bahasan pasar pada siswa kelas VIII A di SMP 13 Jember semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model NHT pada mata pelajaran IPS (ekonomi) pokok bahasan pasar. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus pada siswa kelas VIII A di SMP 13 Jember semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Penentuan jumlah subjek penelitian menggunakan metode populasi. Metode penentuan lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Heads Together dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII A di SMP 13 Jember dalam proses pembelajaran IPS (ekonomi). Analisis keaktifan siswa secara klasikal menunjukkan peningkatan dari kategori aktif menjadi sangat aktif. Hal tersebut dibuktikan pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I 71, 05% menjadi 84,21% pada siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20281
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository