• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Integrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Dalam Pelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi (Siswa kelas X SMAN 1 Suboh Situbondo)

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (174)_1_processed.pdf (132.2Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Indah Kusuma Lelianingtyas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Segala sesuatu dalam kehidupan di dunia ini diatur dalam Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah sumber dari segala macam ilmu dan hukum baik yang berhubungan dengan duniawi maupun ukhrawi. Untuk menumbuhkan nilai-nilai keislaman pada pelajar atau peserta didik, perlu adanya program yang memadukan antara pelajaran umum dengan mengintegrasikan nilai-nilai agama pada setiap kegiatan belajar mengajar, salah satunya adalah mengintegrasikan Ayat-Ayat Al-Qur’an dalam setiap kegiatan pembelajaran salah satunya adalah pembelajaran Biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui keterkaitan antara Integrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an dalam pelajaran Biologi dengan peningkatan hasil belajar siswa dalam bidang studi biologi dan Untuk mengetahui keterkaitan antara Integrasi Ayat-Ayat dalam pelajaran Biologi dengan peningkatan motivasi siswa dalam belajar biologi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi, angket dan tes. Data yang diperoleh dari hasil belajar adalah berupa aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dan data yang diperoleh dari angket motivasi berupa skor motivasi. Data-data tersebut dianalisis menggunakan T-tes. Perbedaan tampak pada hasil ketuntasan siswa pada siklus I ke siklus II. Persentase ketuntasan Untuk aspek kognitif pada siklus I sebesar 73,5% dan pada siklus II sebesar 94,1% berarti mengalami peningkatan sebesar 20,6%. Untuk aspek psikomotorik, persentase ketuntasan siswa siklus I sebesar 76,5% dan pada siklus II sebesar 97% berarti mengalami peningkatan sebesar 20,5%. Untuk aspek afektif persentase ketuntasan siswa siklus I sebesar 70,9% dan pada siklus II sebesar 85,3% berarti mengalami peningkatan viii sebesar 14,4%. Untuk nilai motivasi, untuk Attitude (perhatian), rata-rata kenaikan jumlah skor adalah 35,5. Besarnya signifikan adalah 0,000 yang berarti 0,05. hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak, H1 diterima, artinya adanya pengaruh pengintegrasian ayat Al-Qur’an dalam pembelajaran biologi dengan peningkatan perhatian siswa terhadap pembelajaran biologi. Untuk Relevance (keterkaitan) didapatkan jumlah rata-rata kenaikan skor adalah 23,11. Besarnya signifikan adalah 0,000 yang berarti 0,05%. hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, artinya adanya pengaruh pengintegrasian ayat Al-Qur’an dalam pembelajaran biologi dengan keterkaitan antara pelajaran yang dipelajari siswa dengan yang disampaikan oleh guru. Untuk Convidence (Percaya diri) didapatkan jumlah rata-rata kenaikan skor adalah 14,87. Besarnya signifikan adalah 0,000 yang artinya 0,05%. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, artinya adanya pengaruh pengintegrasian ayat Al-Qur’an dalam pembelajaran biologi dengan peningkatan kepercayaan diri siswa terhadap hasil belajarnya. Dan untuk Satisfaction (Kepuasan) didapatkan jumlah rata-rata kenaikan skor adalah 29,72. Besarnya signifikan adalah 0,000 yang berarti 0,05%. hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, artinya adanya pengaruh pengintegrasian ayat Al-Qur’an dalam pembelajaran biologi dengan peningkatan kepuasan siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru. Pengintegrasian Ayat-Ayat Al-Qur’an dalam pelajaran Biologi dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa bab dunia tumbuhan serta dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar biologi dengan hasil yang sangat signifikan yaitu dengan nilai signifikan 0 yang berarti Ho ditolah dan H1 diterima dalam artian pengintegrasian Ayat-Ayat Al-Qur’an dalam pelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa belajar biologi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20261
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository