BAHASA INGGRIS SEBAGAI SARANA UNTUK MEMPROMOSIKAN PAKET WISATA PADA BIRO PERJALANAN WISATA PYRAMID TOUR & TRAVEL
Abstract
Bahasa Inggris mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses
perencanaan paket wisata yaitu pada proses pencarian informasi, pada saat
pemesanan tiket, reservasi hotel dan reservasi restoran yang biasanya
menggunakan bahasa Inggris dalam setiap kontraknya.
Bahasa Inggris telah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi
suatu biro perjalanan dan dunia pariwisata dikarenakan hampir 70%
operasionalnya menggunakan bahasa Inggris.
Bahasa Inggris dalam penyusunan suatu paket wisata oleh Biro Perjalanan
Wisata memegang peranan penting dalam mengarahkan penyelenggaraan
wisata sehingga dapat mewujudkan wisata yang efektif dan efisien. Hal ini
dapat terwujud jika pihak Biro Perjalanan Wisata mempertimbangkan
pemakaian bahasa Inggris dalam aspek-aspek yang terkait yaitu pada aspek
pasar, aspek sumber daya manusia, aspek produk dan aspek operasional.
Paket wisata juga harus mampu memberikan gambaran yang jelas terhadap
para calon konsumen sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk
membeli produk wisata yang ditawarkan, maka dari itu bahasa Inggris harus
mampu dimiliki dan dipahami dengan baik dan benar oleh seorang tour planner.