PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (AKS) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
Abstract
Proses belajar fisika cenderung berpusat pada guru dan membuat siswa lebih
pasif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan
menerapakan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing. Strategi
pembelajaran ini terdiri dari 4 tahapan, antara lain membuat pertanyaan sesuai
materi, meminta siswa untuk menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan, siswa
berkeliling untuk mencari jawaban teman yang bisa menjawab pertanyaan yang
tidak diketahui jawabannya, pembahasan oleh guru. Berdasarkan analisis data
yang dilakukan, hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan hasil
belajar yang signifikan antara strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing
(AKS) dengan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fisika kelas VII
A SMP Negeri 2 Kalisat tahun ajaran 2011/2012, (2) Aktivitas belajar siswa
kelas VII A SMP Negeri 2 Kalisat tahun ajaran 2011/2012 selama mengikuti
pembelajaran fisika menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge
Sharing (AKS) termasuk dalam kriteria aktif dengan persentase sebesar 73,73%.
(3) Strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS) cukup efektif dalam
pembelajaran fisika di SMP Negeri 2 Kalisat dengan persentase sebesar 51,92%,