PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK POKOK BAHASAN PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP
Abstract
Selama ini pengelolaan pembelajaran matematika di kelas mengikuti
urutan sajian berikut: pembelajaran dimulai dari pemberian teori/teorema/definisi,
kemudian contoh-contoh dan terakhir siswa diberikan soal-soal latihan.
Seharusnya perlu dipikirkan cara penyajian dan suasana pembelajaran matematika
yang memungkinkan anak mudah memahami serta merasa senang belajar
matematika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengakrabkan
matematika dengan realitas kehidupan anak. Dengan kata lain, dalam
pembelajaran, guru perlu mengaitkan konsep-konsep matematika dengan
pengalaman anak dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pembelajaran yang
sesuai dengan hal tersebut adalah pembelajaran matematika realistik (PMR).
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran
perbandingan dengan pembelajaran matematika realistik yang dapat dijadikan
acuan oleh guru-guru dalam melakukan pembelajaran.
Pelaksanaan uji coba dilaksanakan pada tanggal 24 November, 1,
4,8,11dan 15 Desember 2009. objek coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VII SMP Negeri 1 Rambipuji. Saat uji coba siswa diajak mengikuti pembelajaran
matematika dengan pembelajaran matematika realistik. Metode pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, dan angket.
Aktifitas Guru diamati oleh observer untuk mengetahui apakah guru telah
melaksanakan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
matematika dengan pembelajaran PMR, sedangkan aktifitas siswa diamati oleh
observer untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan PMR pokok bahasan
berbandingan kelas VII SMP.