• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Medical
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Medical
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN KECEMASAN SEBELUM UJIAN AKHIR BLOK ENAM TERHADAP NILAI UJIAN AKHIR BLOK ENAM FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS JEMBER ANGKATAN 2007

    Thumbnail
    View/Open
    KTI ADITYA SINTA APRILIANA_01.pdf (115.2Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Aditya Shinta Apriliana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Anxiety atau ansietas memiliki beberapa pengertian yang beragam. Jika ditinjau dari aspek klinik, ansietas dapat merupakan keadaaan yang normal, sebagai gejala penyakit lain, sebagai sindrom, atau sebagai gangguan yang dapat berdiri sendiri. Dalam pengertian yang lain, ansietas adalah suatu gejala yang tidak menyenangkan, sensasi cemas, takut dan terkadang panik akan suatu bencana yang mengancam dan tidak terelakkan yang dapat atau tidak berhubungan dengan rangsang eksternal (Fracchione:2004). Kecemasan adalah suatu sinyal yang menyadarkan. Keadaan ini memperingatkan adanya bahaya yang mengancam dan memungkinkan seseorang mengambil tindakan untuk mengatasi ancaman. Perasaan tersebut ditandai oleh rasa ketakutan yang difus, tidak menyenangkan, dan samar-samar, seringkali disertai oleh gejala otonomik seperti nyeri kepala, berkeringat, palpitasi, kekakuan pada dada, dan gangguan lambung ringan. Di samping itu, kecemasan mempengaruhi berpikir, persepsi, dan belajar (Kaplan, 2007: 579). Berdasarkan penelitian terdahulu ditemukan korelasi antara tingkat kecemasan dengan prestasi mahasiswa kedokteran pada tahun pertama yang pada awalnya masih menggunakan metode pembelajaran konvensional (Andawismono, 2005). Kurikulum konvensional hanya berdasarkan disiplin ilmu dan mengggunakan sistem pengajaran yang terpusat pada dosen. Oleh karena itu, saat ini paradigma pembelajaran yang konvensional mulai banyak digantikan oleh sistem pembelajaran yang disebut PBL (Problem Based Learning). Metode ini dinilai efektif untuk diterapkan pada pendidikan kedokteran, karena sesuai dengan tuntutan pendidikan yang cenderung mengarah pada analisa, identifikasi, dan menyelesaikan masalah pasien, meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan menjadi aktif serta mandiri dalam belajar (Kurniawan, dkk,2003). Adanya berbagai kelebihan metode PBL tidak menutup kemungkinan bahwa mahasiswa akan mengalami kecemasan. Untuk melihatnya, maka diperlukan suatu evaluasi yang dinyatakan dalam nilai ujian akhir blok. Penelitian adalah penelitian analitik cross sectional, dilakukan selama bulan Juli 2008 di RK I Fakultas Kedokteran Universitas Jember, tepatnya tiga hari sebelum ujian akhir blok. Sampel terdiri dari 68 orang yang kemudian dipilih secara purposive sampling sesuai kriteria inklusi. Subjek penelitian mengisi kuesioner dan dilakukan wawancara oleh peneliti yang sesuai dengan kriteria HARS. Data diambil dengan cara menghitung jumlah jawaban sampel. Data kecemasan yang telah didapat kemudian diklasifikasikan berdasarkan HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale). Analisis data yang digunakan adalah uji statistik Chi-square. Nilai Chisquare sebesar 6,943 dengan signifikansi sebesar 0,008477 yang artinya ada hubungan yang signifikan antara nilai ujian blok enam terhadap tingkat kecemasan responden. Sedangkan nilai risk ratio sebesar 4,681 yang artinya perbandingan antara orang yang cemas dengan yang tidak cemas dalam menghadapi ujian yaitu sebesar empat dibanding satu. Nilai odds rationya sebesar 7,610 yang artinya bahwa orang yang cemas akan tujuh kali berisiko gagal ujian daripada yang tidak cemas (Sugiyono: 2004). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 39 mahasiswa berada pada level yang tidak cemas dengan persentase 82,97%, sedangkan cemas ringan sebesar 8 orang dengan persentase 17,03%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kecemasan sebelum ujian akhir blok enam terhadap nilai ujian akhir blok enam mahasiswa Fakultas Kedokeran Universitas Jember Angakatan 2007, dengan presentase terbanyak pada level yang tidak cemas dan dengan kategori nilai ujian akhir blok enam yang tidak gagal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19688
    Collections
    • UT-Faculty of Medical [1539]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository