• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Minat Belajar dan Biaya Pendidikan Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Angkatan 2007 Universitas Jember;

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (123)x_1.pdf (558.2Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Hendra Tidar Kurniawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Prestasi belajar mahasiswa yang berupa indeks prestasi dapat dipengaruhi oleh faktor internal (berupa minat belajar) dan faktor eksternal (berupa biaya pendidikan). Permasalahan dalam penelitian ini bagaimanakah pengaruh minat belajar dan biaya pendidikan terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Angkatan Tahun 2007 di Universitas Jember. Tujuan dalam penelitian ini menjelaskan pengaruh minat belajar dan biaya pendidikan terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Angkatan Tahun 2007 di Universitas Jember Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan tahun 2007 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember sebanyak 78 mahasiswa. Dengan kriteria mahasiswa indekost, mahasiswa yang tidak mendapatkan uang beasiswa, dan mahasiswa tidak bekerja. Karena jumlah populasinya kurang dari 100 maka penelitian ini termasuk penelitian populasi sehingga 78 mahasiswa menjadi sampel penelitian. Variabel yang diteliti adalah faktor minat belajar (X 1 ), faktor biaya pendidikan (X ), dan prestasi belajar (Y). Pengumpulan data menggunakan instrumen yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis inferensial. viii 2 Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh persamaan regresi Y = 1,070 + 0,369X 1 + 0,454X 2 + e , sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara faktor minat belajar dan faktor biaya pendidikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan tahun 2007 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Dari hasil uji F atau simultan diperoleh F hitung sebesar 65,25 dan F sebesar 3,12 maka (65,25 ≥ 3,12) yang berarti signifikan dan menerima hipotesis alternatif. Hasil pengujian secara parsial faktor minat belajar diperoleh t hitung ix tabel sebesar 3,674 dan t sebesar 1,991 dengan nilai signifikansi (3,674 ≥ 1,991), t hitung sebesar 5,861 dan t tabel sebesar 1,991 untuk variabel faktor biaya pendidikan dengan nilai signifikansi (5,861 ≥ 1,991), hal ini berarti hipotesis alternatif diterima. Koefisien determinan R2 sebesar 79,7%, sedangkan sisanya 20,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Besarnya kontribusi atau sumbangan secara parsial masing-masing adalah 23% untuk variabel faktor minat belajar, dan 40,5% untuk variabel faktor biaya pendidikan. tabel Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor minat belajar dan faktor biaya pendidikan ada pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan tahun 2007 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember baik secara simultan maupun parsial. Berdasarkan hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa variabel biaya pendidikan (X2) merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap pretasi belajar mahasiswa (Y). Hal ini menunjukkan bahwa biaya pendidikan terhadap prestasi belajar mahasiswa merupakan faktor yang utama terhadap terjadinya peningkatan prestasi belajar. Hal ini sangat relevan karena peningkatan prestasi belajar harus didukung dengan adanya kelengkapan fasilitas belajar selama masa perkuliahan demi meningkatkan prestasi belajar. Variabel minat belajar kurang mendominasi terhadap prestasi belajar mahasiswa dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya berbedanya kemampuan setiap mahasiswa dalam menyerap informasi dan pengetahuan, khususnya yang disajikan di kelas serta kurangnya minat belajar yang disebabkan kurang efektifnya waktu belajar mahasiswa itu sendiri, yang tidak bisa memanfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya, atau kurangnya buku pribadi karena tidak ada niat untuk membeli buku atau terbentur dengan keadaan ekonomi yang kurang mendukung.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19357
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository