Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Tabungan Pada PT. Bank Mandiri (persero), Tbk. Cabang Jember
Abstract
Penelitian dengan judul Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap
Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Tabungan pada PT.Bank Mandiri (persero), Tbk
Cabang Jember. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kualitas layanan yang diantaranya bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan
empati terhadap kepuasan, pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas dan pengaruh
kepuasan terhadap loyalitas. Penelitian ini adalah penelitian explanatory (penelitian
konfirmatori). Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan
purposive sampling. Metode penelitian ini adalah Path Analysis (analisis jalur)
dengan menggunakan program Analysis Of Moment Struature (AMOS). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, kualitas layanan (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, dan kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah.