ANALISIS PERSEPSI KUALITAS MEREK (BRAND PERCEIVED QUALITY) PADA PRODUK MOTOR BEBEK 4 TAK 100-110 CC DI WILAYAH KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul Analisis Persepsi Kualitas Merek (Brand Perceived
Quality) pada Produk Motor Bebek 4 tak 100-110 CC di Wilayah Kota Jember.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang
berkehendak untuk memperoleh gambaran mengenai situasi atas kejadian
sehingga metode ini berkehendak mengadakan akumulasi data dan memberikan
gambaran terhadap fenomena. Penelitian ini berdasarkan pada data primer yang
diambil dari kuesioner pada responden (penduduk di tiga wilayah Kecamatan di
Kota Jember yaitu Kecamatan Patrang, Kecamatan Kaliwates, dan Kecamatan
Sumbersari yang memiliki dan menggunakan motor bebek 4 Tak jenis Honda
Supra Fit, Yamaha Vega R, Suzuki Smash, dan Kawasaki Blitz). Untuk
menganalisis persepsi kualitas merek pada produk motor bebek 4 Tak 100-110
CC dengan indikator desain body ramping dan sporty, mesin irit, mesin tangguh /
bandel, mesin tahan banjir, perputaran mesin halus, akselerasi gesit, handal dalam
kecepatan, warna menarik dan bervariasi, bahan dan onderdil kuat, pegas shock
dinamis, striping trendy, lampu terang, dan tarikan gas spontan digunakan
beberapa metode yaitu rata-rata, standar deviasi, dan perbandingan tingkat
performance-importance yang terangkum dalam diagram Cartesius. Dari hasil
analisis diperoleh bahwa merek Honda Supra Fit, Yamaha Vega R, Suzuki Smash,
dan Kawasaki Blitz sama-sama memiliki rata-rata performance yang lebih tinggi
daripada importancenya yaitu Honda Supra Fit performancenya 3,92 dan
importancenya 3,91 (kinerja produk > harapan), Yamaha Vega R performancenya
3,97 dan importancenya 3,96 (kinerja produk > harapan), Suzuki Smash
performancenya 4,01 dan importancenya 3,95 (kinerja produk > harapan) dan
Kawasaki Blitz performancenya 4,01 dan importancenya 3,94 (kinerja produk >
harapan). Keadaan tersebut menunjukkan bahwa perceived quality konsumen
terhadap keempat merek produk motor bebek 4 Tak 100-110 CC (Honda Supra
Fit, Yamaha Vega R, Suzuki Smash, dan Kawasaki Blitz) tersebut telah
melampaui tingkat kepentingan produk itu sendiri artinya semua konsumen pada
masing-masing produk motor bebek 4 Tak 100-110 CC (Honda Supra Fit,
Yamaha Vega R, Suzuki Smash, dan Kawasaki Blitz) khususnya di Kecamatan
Patrang, Kaliwates dan Sumbersari tersebut merasa puas terhadap kinerja produk
motor bebek 4 Tak 100-110 CC yang mereka gunakan. Selain itu, perbandingan
masing-masing keunggulan pada produk motor Honda Supra Fit, Yamaha Vega
R, Suzuki Smash, dan kawasaki Blitz menunjukkan bahwa secara keseluruhan
konsumen memilih untuk membeli motor bebek 4 Tak 100-110 CC karena
kualitas desain bodynya ramping dan sporty, mesinnya irit, mesinnya tangguh,
perputaran mesinnya halus, akselerasinya gesit, handal dalam kecepatan,
warnanya menarik dan bervariasi, bahan dan onderdilnya kuat, dan stripingnya
trendy. Demikian hasil analisis sekaligus pembahasan persepsi kualitas merek
(Brand Perceived Quality) pada produk motor bebek 4 Tak 100-110 CC di
wilayah Kota Jember dengan tetap memperhatikan kelemahan-kelemahan
penelitian khususnya pada daftar pertanyaan (kuesioner) yang diajukan kepada
responden yang kebanyakan terjadi gap antara pernyataan kinerja dan harapan.