• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    SIMULASI SISTEM PENGATURAN KECEPATAN MOTOR DC BERDASARKAN PERUBAHAN JARAK MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC CONTROLLER

    Thumbnail
    View/Open
    richiyunia-5322-1.pdf (527.5Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Yuniar setyawan, Richi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kepadatan jalan raya yang mulai akrab akhir-akhir ini menjadi suatu permasalahan tersendiri bagi para pengemudi kendaraan listrik. Peningkatan jumlah kendaraan yang beroprasi tidak diimbangi dengan luasan jalanan, akibatnya kemacetan maupun kecelakaan lalu-lintas tidak jarang terjadi hanya karena faktor kelengahan manusia. Secara umum setiap kendaraan listrik dilengkapi dengan sistem pengereman, hanya saja sistem pengereman tersebut masih banyak yang dilakukan secara konvensional. Pada kenyataanya tidak bisa dipungkiri bahwa pengendara kendaraan listrik kerap kali merasa jenuh sehingga berdampak pada menurunnya tingkat konsentrasi atas kendaraan listrik yang dikemudikannya. Dengan kondisi demikian bisa dipastikan bahwa para pengendara kendaraan listrik akan telat merespon sistem pengereman apabila terjadi suatu kondisi yang mengharuskan untuk melakukan pengereman secara mendadak. Peristiwa seperti diatas bisa diantisipasi dengan menambahkan kendali cerdas pada sistem pengereman kendaraan listrik. Salah satu kendali cerdas yang banyak dikembangkan adalah sistem logika fuzzy. Logika fuzzy dapat memberikan kecepatan referensi dari nilai masukan jarak yang didapatkan oleh piranti pengukur jarak yang menggunkan sinyal ultrasonik. Selanjutnya kecepatan referensi tersebut akan dibandingkan dengan kecepatan aktual pada kontroler kecepatan dan menghasilkan arus referensi. Arus referensi ini masih dibandingkan kembali dengan arus aktual pada kontroler arus dan akan menghasilkan pulsa. Kemudian pulsa akan masuk dalam konverter dan dari situ besarnya tegangan sumber bisa diatur sesuai dengan kondisi yang terjadi pada saat itu. Dengan nilai tegangan yang tepat maka bisa didapatkan kecepatan putaran motor DC yang sesuai untuk menindaklanjuti respon sistem pengereman kendaraan listrik. Dengan demikian meskipun pengendara kendaraan listrik secara tidak sengaja lengah dan telat memberikan respon pengereman pada kendaraannya, sistem kendali cerdas akan secara otomatis menggantikan tugas pengendara tersebut untuk melakukan pengurangan kecepatan pada kendaraan listriknya
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19094
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4243]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository