• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 04 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (9)bb_1.pdf (664.7Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    La Haja
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Latar belakang dari penelitian ini berdasarkan observasi awal adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis narasi dan masih banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mengungkapkan pikiran, ide-ide, dan gagasan mereka secara tertulis dalam bentuk tulisan narasi, kurangnya media pembelajaran yang mendukung, serta siswa belum mampu menulis narasi dengan benar. Berdasarkan masalah yang ditemukan, salah satu strategi untuk mengatasi masalah pembelajaran adalah penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan pembelajaran menulis narasi. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penerapan media gambar berseri yang dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember, bagaimanakah hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember setelah menggunakan meia gambar berseri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penerapan pembelajaran menulis narasi dengan media gambar berseri pada siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember, untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember setelah penggunaan media gambar berseri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes, wawancara. Analisis data yang dilakukan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Penerapan media gambar berseri pada pembelajaran menulis narasi kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember dilaksanakan dengan dua suklus yaitu suklus I dan siklus II. Penerapan sikuls I dan Siklus II dalam pembelajaran melalui media gambar berseri ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah 1) mula-mula guru mempersiapkan gambar berseri, 2) tiap siswadiberikan media gambar berseri, 3) siswa diinstruksikan untuk memperhatikan dan mempelajari gambar berseri tersebut, 4) siswa diminta menentukan topik yang sesuai dengan gambar berseri, 5) siswa harus menceritakan setiap gambar dalam kata-kata atau kalimatnya sendiri apa arti gambar berseri yang mereka perhatikan dan 6) hasil pengamatan siswa disusun dalam kerangka karangan (siswa membuat satu kalimat sesuai dengan jumlah gambar) serta mengembangkannya menjadi karangan yang utuh. Penerapan media gambar berseri dalam pembelajaran menulis narasi pada siklus I berjalan lancar sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disiapkan, berdasarkan dari hasil tulisan narasi siswa, masih beberapa siswa mengalami kesulitan dalam menentukan penggunaan ejaan dan tanda baca, sehingga dalam pelaksanaan siklus II guru lebih menekankan pada penjelasan penggunaan ejaan dan tanda baca, berdasarkan hasil tulisan narasi siswa pada siklus II mengalami peningkatan Kemampuan siswa dalam Menulis Narasi dengan media gambar berseri pada kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan hasil menulis narasi siswa pada sebelum menggunakan media gambar berseri (prasiklus), siklus I dan siklus II. Sebelum menggunakan media gambar berseri (prasiklus) terdapat 21 orang siswa yang mencapai nilai ≥ 60. Setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media gambar berseri, pada siklus I terdapat 34 orang siswa yang mencapai nilai ≥ 60. Pada siklus II yang merupakan perbaikan dari siklus I, yang mendapat nilai ≥ 60 sebanyak 38 siswa atau 77,55% dari total 49 siswa. Jadi secara klasikal (≥ 70% dari jumlah siswa), siswa kelas IV di SDN Kebonsari 04 Jember yang mencapai ketuntasan nilai adalah 77,55 %. Saran yang ingin disampaikan yaitu siswa, hendaknya meningkatkan minatnya terhadap menulis. Bagi guru hendaknya menggunakan gambar berseri sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampauan siswa dalam menulis narasi dan memotivasi siswa untuk berkarya. Bagi peneliti lain, hendaknya penelitian ini dijadikan sarana pengetahuan dan timbul ide serta gagasan untuk lebih meneliti dalam setiap pelaksanaan belajar mengajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18950
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository