Analisi Faktor Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Im Plus IF Produk Sembako pada Indomaret (Stud i p a d a Rit e l Modern Jalan Jawa dan Jalan Sumatera Kota Je mber)
Abstract
Tujuan pemasaran yaitu memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan 
keinginan konsumen. Maka pemasar harus mempelajari dan memahami 
bagaimana konsumen berperilaku. Salah satu karakter unik konsumen Indonesia, 
adalah konsumen yang cenderung tidak memiliki perencanaan pembelian atau 
dalam penelitian ini disebut sebagai pembelian impulsif. Pembelian impulsif yang 
dilakukan konsumen tentunya tidak hanya dipandang sebagai pembelian saja 
tetapi sekaligus juga merupakan peluang yang sangat besar bagi pemasar untuk 
meningkatkan volume penjualan produk mereka.Tujuan dari penelitian ini adalah 
untuk menganalisis, mengetahui dan membuktikan faktor-faktor yang 
memengaruhi perilaku konsumen melakukan pembelian impulsif serta mengetahui 
faktor yang paling dominan memengaruhi perilaku konsumen melakukan 
pembelian impulsif.
Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi pada penelitian ini 
adalah pelanggan ritel Indomaret di Jalan Jawa & Sumatera Kota Jember. 
Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Accidental 
Sampling (Man to Man Questionery) dengan memberikan kuisioner kepada 100 
responden secara acak. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini 
adalah analisis faktor dan analisis regresi linier berganda. Analisis faktor 
digunakan untuk mereduksi data, yaitu proses untuk meringkas sejumlah variabel 
menjadi lebih sedikit dan menamakannya sebagai faktor. Analisis regresi 
merupakan salah satu analisis yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh suatu 
variabel terhadap variabel lain.
Berdasarkan hasil analisis faktor terbentuk 5 faktor yaitu faktor pertama 
pramuniaga, faktor kedua ketidaktersediaan produk, faktor ketiga ruang 
pamer/display produk, faktor keempat suasana lingkungan toko, dan faktor
kelima: program promosi. Hasil uji simultan menunjukkan kelima faktor yaitu 
pramuniaga, ketidaktersediaan produk, ruang pamer/display produk, suasana 
lingkungan toko dan program promosi secara bersama–sama berpengaruh 
signifikan terhadap keputusan pembelian impulsive pada Indomaret jalan Jawa 
dan Sumatera di Jember. Hasil uji parsial menunjukkan pramuniaga, 
ketidaktersediaan produk, suasana lingkungan toko, dan program promosi secara 
parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian impulsive pada 
Indomaret jalan Jawa dan Sumatera di Jember. Sedangkan ruang pamer/display
produk secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian 
impulsive pada Indomaret jalan Jawa dan Sumatera di Jember. Dari kelima faktor 
tersebut ketidaktersediaan produk memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan 
pembelian impulsive pada Indomaret jalan Jawa dan Sumatera di Jember. Hasil 
uji determinasi menunjukkan bahwa 46,4% keputusan pembelian impulsif pada 
Indomaret jalan Jawa dan Sumatera di Jember itu dapat dijelaskan oleh varabel 
pramuniaga, ketidaktersediaan produk, ruang pamer/display produk, suasana 
lingkungan toko dan program promosi, sedangkan sisanya sebesar 53.6% 
dipengaruhi oleh variabel lain di luar model regresi.
