Analisi Faktor Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Im Plus IF Produk Sembako pada Indomaret (Stud i p a d a Rit e l Modern Jalan Jawa dan Jalan Sumatera Kota Je mber)
Abstract
Tujuan pemasaran yaitu memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan
keinginan konsumen. Maka pemasar harus mempelajari dan memahami
bagaimana konsumen berperilaku. Salah satu karakter unik konsumen Indonesia,
adalah konsumen yang cenderung tidak memiliki perencanaan pembelian atau
dalam penelitian ini disebut sebagai pembelian impulsif. Pembelian impulsif yang
dilakukan konsumen tentunya tidak hanya dipandang sebagai pembelian saja
tetapi sekaligus juga merupakan peluang yang sangat besar bagi pemasar untuk
meningkatkan volume penjualan produk mereka.Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk menganalisis, mengetahui dan membuktikan faktor-faktor yang
memengaruhi perilaku konsumen melakukan pembelian impulsif serta mengetahui
faktor yang paling dominan memengaruhi perilaku konsumen melakukan
pembelian impulsif.
Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi pada penelitian ini
adalah pelanggan ritel Indomaret di Jalan Jawa & Sumatera Kota Jember.
Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Accidental
Sampling (Man to Man Questionery) dengan memberikan kuisioner kepada 100
responden secara acak. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis faktor dan analisis regresi linier berganda. Analisis faktor
digunakan untuk mereduksi data, yaitu proses untuk meringkas sejumlah variabel
menjadi lebih sedikit dan menamakannya sebagai faktor. Analisis regresi
merupakan salah satu analisis yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh suatu
variabel terhadap variabel lain.
Berdasarkan hasil analisis faktor terbentuk 5 faktor yaitu faktor pertama
pramuniaga, faktor kedua ketidaktersediaan produk, faktor ketiga ruang
pamer/display produk, faktor keempat suasana lingkungan toko, dan faktor
kelima: program promosi. Hasil uji simultan menunjukkan kelima faktor yaitu
pramuniaga, ketidaktersediaan produk, ruang pamer/display produk, suasana
lingkungan toko dan program promosi secara bersama–sama berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian impulsive pada Indomaret jalan Jawa
dan Sumatera di Jember. Hasil uji parsial menunjukkan pramuniaga,
ketidaktersediaan produk, suasana lingkungan toko, dan program promosi secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian impulsive pada
Indomaret jalan Jawa dan Sumatera di Jember. Sedangkan ruang pamer/display
produk secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
impulsive pada Indomaret jalan Jawa dan Sumatera di Jember. Dari kelima faktor
tersebut ketidaktersediaan produk memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan
pembelian impulsive pada Indomaret jalan Jawa dan Sumatera di Jember. Hasil
uji determinasi menunjukkan bahwa 46,4% keputusan pembelian impulsif pada
Indomaret jalan Jawa dan Sumatera di Jember itu dapat dijelaskan oleh varabel
pramuniaga, ketidaktersediaan produk, ruang pamer/display produk, suasana
lingkungan toko dan program promosi, sedangkan sisanya sebesar 53.6%
dipengaruhi oleh variabel lain di luar model regresi.