PENGARUH DIMENSI VARIABEL RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN TABUNGAN BRITAMA PADA BANK RAKYAT INDONESIA CABANG JEMBER
Abstract
Marketing terhadap Loyalitas Konsumen Tabungan Britama pada Bank Rakyat
Indonesia Cabang Jember”. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
dimensi variabel Relationship Marketing yang terdiri atas kepunyaan/rasa
memiliki(belonging), komunikasi (communication), kustomisasi (customization),
diferensiasi (differentiation), personalisasi (personalization), hadiah/balas jasa
(rewarding), keamanan (security), kenyamanan (convenien) terhadap loyalitas
konsumen tabungan Britama pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Jember.
Responden dalam penelitian ini adalah konsumen atau nasabah penabung
Britama yang sedang bertransaksi pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Jember
periode Desember 2011. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
primer yang diperoleh langsung dari kuesioner yang diisi oleh konsumen. Analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi Logistik
Multinomial dengan menggunakan bantuan SPSS.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dimensi variabel relationship
marketing yang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen tabungan
Britama pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Jember Logit 1 adalah variabel
kepunyaan/ rasa memiliki (belonging) dengan indikator fasilitas fisik sebesar
0,067 dan variabel hadiah/balas jasa (rewarding) dengan indikator memberikan
hadiah sebesar 0,023, sedangkan dimensi variabel relationship marketing yang
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen tabungan Britama pada Bank
Rakyat Indonesia Cabang Jember Logit 2 adalah variabel kepunyaan/ rasa
memiliki (belonging) dengan indikator fasilitas fisik sebesar 0,082, variabel
komunikasi (communication) dengan indikator koran/majalah sebesar 0,087,
variabel hadiah/balas jasa (rewarding) dengan indikator promosi sebesar 0,095
dan variabel keamanan (security) dengan indikator keamanan bertransaksi
sebesar 0,092