PELAKSANAAN ADMINISTRASI PENERIMAAN DARI PEMBAYARAN REKENING LISTRIK PADA PT. PLN (PERSERO) UNIT PELAYANAN DAN JARINGAN JEMBER KOTA
Abstract
Berdasarkan pelaksanaan kegiatan Praktek Kerja Nyata (PKN) yang dilaksanakan
di PT.PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan Jember Kota mengenai Pelaksanaan
Administrasi Penerimaan dari Pembayaran Rekening Listrik yang dilaksanakan kurang
lebih satu bulan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Kegiatan praktek kerja nyata ini bertujuan untuk mengetahui, mengerti dan
memahami dalam pelaksanaan administrasi pembayaran rekening listrik sesuai
dengan prosedur yang ditetapkan oleh PT. PLN (Persero).
2. Perencanaan penagihan rekening listrik
Sebelum melaksanakan penagihan rekening listrk, terlebih dahulu dilakukan
perencanaan meliputi perencanaan kebutuhan tempat pembayaran dan perencanaan
kerjasama antara PLN dengan pihak lain. Setelah dilakukan perencanaan, maka
dapat dilaksanakan penagihan. Pelaksanaan penagihan rekening listrik terdiri dari
beberapa tahapan, yaitu pembacaan meter dan penghitungan rekening listrik
menggunakan sistem komputer. Hasil dari penghitungan rekening listrik otomatis
secara online akan terkirim ke FPN (fungsi penagihan) yang terdapat di loket
pembayaran.
3. Pembayaran rekening listrik
Pembayaran rekening listrik dilaksanakan dalam satu periode yaitu tanggal 1
sampai dengan tanggal 20. Bagi pelanggan yang terlambat membayar tagihan listrik
akan dikenakan biaya keterlambatan. Apabila pelanggan belum juga melunasi
tagihan listrik serta biaya keterlambatan, maka PLN akan mengeluarkan
Pemberitahuan Pemutusan Sementara (TUL VI-01).
Berikut langkah- langkah pelaksanaan administrasi pembayaran rekening
listrik pada PT.PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan Jember Kota :
1. Pelanggan datang ke loket pembayaran dan menunjukan nomor pelanggan pada
petugas loket pembayaran.
2. Petugas loket akan mencatat nomor pelanggan tersebut pada komputer, secara
otomatis jumlah rekening yang harus dibayar oleh pelanggan akan muncul pada
layar komputer.
3. Petugas loket memberitahukan besarnya jumlah tagihan rekening listrik yang
harus dibayar pelanggan pada bulan yang bersangkutan.
4. Pelanggan membayar sejumlah tagihan rekening listrik.
5. Petugas loket mencatat jumlah tagihan yang telah terbayar pada komputer dan
memberikan bukti pembayaran tagihan listrik kepada pelanggan sebagai bukti
pembayaran yang sah.
Prosedur administrasi penagihan rekening listrik melalui layanan pembayaran
listik online bank atau biasa disingkat dengan PPOB (payment point online bank )
selain dilaksanakan di PT. PLN (Persero) juga dapat dilaksanakan dimana saja dan
kapan saja dengan menggunakan jaringan perbankan dan PT.Pos Indonesia yang
telah menjadi mitra PT. PLN (Persero) dan tersebar hingga pelosok daerah.
Layanan ini menggunakan software yang beroperasi secara online untuk
memudahkan dan mempercepat dalam penerimaan pembayaran dan melaporkan
hasil penerimaan pembayaran rekening listrik kepada PT.PLN (Persero).
4. Beberapa formulir yang terkait dengan pembayaran rekening listrik pada PT.PLN
(Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan Jember Kota adalah sebagai berikut :
a. Bukti pembayaran tagihan rekening listrik
b. Pemberitahuan Pelaksanaan Pemutusan Sementara Sambungan Tenaga Listrik
c. Pemberitahuan Pelaksanaan Pemutusan Rampung Sambungan Tenaga Listrik
Collections
- DP-Financial Management [400]