• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN AKTIF MODEL MEET THE GUEST DENGAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMPN 1 BONDOWOSO SEMESTER GASAL 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (52)-_1.pdf (295.2Kb)
    Date
    2014-01-20
    Author
    DINITA DWI CIPTASARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu faktor pendukung yang sangat dibutuhkan dalam ketrampilan menyelesaikan soal dan ketrampilan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan informasi yang diberikan guru kelas VII RSBI SMPN 1 Bondowoso, ada kurangnya pemahaman konsep siswa terutama dalam aritmetika sosial, terlihat dari ketidak pahaman siswa dalam memecahkan soal cerita ataupun mempraktekannya dalam kehidupan seharihari. Untuk itu salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman konsep aritmetika sosial siswa adalah melalui pembelajaran aktif dengan menggunakan model Meet The Guest. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran aktif dengan menggunakan model Meet The Guest, mengetahui adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan pembelajaran aktif model Meet The Guest dengan model pembelajaran yang diterapkan sebelumnya, dan mengetahui manakah yang lebih baik antara pembelajaran aktif model Meet The Guest dengan model pembelajaran yang diterapkan sebelumnya yaitu model Cooperative Learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bondowoso mulai tanggal 1 sampai dengan 6 januari 2010. Populasi penelitian diambil dari siswa kelas VII RSBI SMP 1 Bondowoso tahun ajaran 2009/2010 yang terdiri dari 6 kelas. Metode yang digunakan dalam menentukan sampel yaitu metode cluster random sampling. Cara ini digunakan karena yang menjadi sampel penelitian bukanlah individu-individu, melainkan sekelompok individu, yang secara alami berada bersama-sama di satu tempat. Langkah selanjutnya adalah menentukan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik undian untuk menentukan kelas eksperimen sebagai kelompok siswa yang menerima pembelajaran matematika menggunakan model Meet the Guest dan kelas kontrol sebagai kelompok siswa yang menerima pembelajaran matematika menggunakan model yang biasa digunakan pada kelas sebelumnya, yaitu model Cooperative Learning. Penelitian dilakukan pada 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (yang menggunakan model Meet The Guest) dan kelas kontrol (menggunakan Cooperative Learning). Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai (df) = 78 dengan harga t = -2,750. Harga t hitung hitung ini dikonsultasikan dengan harga t dengan df = 78, pada taraf signifikansi 5%. Nilai df = 78 mempunyai harga t = 1,99085 , ini berarti bahwa daerah penerimaan adalah H diantara -1,99085 dan + 1,99085. Oleh karena tabelhitung 0 tt ≤ yaitu -2,750 ≤ -1,99085, atau di luar daerah penerimaan H artinya selisih rata-rata antara nilai post-test dan pre-test pada kelas eksperimen mempunyai perbedaan yang signifikansi dengan selisih rata-rata antara nilai post-test dan pre-test pada kelas kontrol. Jadi dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika pada pokok bahasan aritmatika sosial antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Meet The Guest dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran Cooperative. 0, Dari hasil uji one sample test didapat bahwa dari rata-rata antara pre-test, posttest kelas kontrol, pre-test, post-test kelas eksperimen, serta beda kelas control, dan beda kelas eksperimen diketahui bahwa rata-rata hasil pos-test pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan hasil dari yang lainnya, yaitu 84,25. Hal ini didukung pula oleh beda pada kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan beda pada kelas kontrol, yaitu 19,0250. Maka dari data di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran aktif model Meet the Guest pada kelas eksperimen lebih baik daripada pembelajaran model Cooperative Learning yang dilaksanakan pada kelas kontrol. Dengan demikian pembelajaran aktif model Meet The Guest dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18172
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository