• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP ILMIAH SISWA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    c (344)c_1.pdf (773.4Kb)
    Date
    2014-01-20
    Author
    Siti Hasanah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu permasalahan yang ada di Indonesia adalah rendahnya kualitas sumber daya manusia. Hal inilah yang membuat bangsa Indonesia masih jauh tertinggal dengan bangsa lainnya, sehingga pendidikan menjadi kebutuhan yang penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Pada kenyataannya masih banyak sekali para guru yang sulit untuk mengubah gaya mengajarnya dan pendekatan yang masih populer dipakai adalah Teacher Centered Learning (TCL). Adanya inovasi pembelajaran diperlukan guna mewujudkan pembelajaran yang tidak membosankan bagi siswa dan demi tercapainya tujuan utama pembelajaran yaitu peningkatan hasil belajar siswa. Model experiential learning yang mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran melalui pengalaman diharapkan memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar dan sikap ilmiah siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji hasil belajar IPA siswa menggunakan model experiential learning dan model direct instruction. (2) mengkaji sikap ilmiah siswa menggunakan model experiential learning dan model direct instruction. Daerah penelitian ini adalah SMPN 11 Jember yang ditentukan dengan metode purposive sampling area. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji one way-ANOVA. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII C dan VIII D yang ditentukan dengan metode cluster random sampling dengan teknik undian. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomized subjects post-test only control group design. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, vii observasi, wawancara, tes, dan angket. Analisis data hasil belajar kognitif produk dan sikap ilmiah siswa dengan Independent Samples T-Test. Berdasarkan analisis data hasil belajar kognitif produk dinyatakan H ditolak dan H diterima. Jadi, hasil belajar IPA siswa menggunakan model experiential learning lebih baik dibandingkan dengan model direct instruction. Sedangkan analisis data sikap ilmiah siswa dilakukan untuk setiap indikator. Indikator objektif, terbuka, kritis, dan tidak mudah putus asa dinyatakan H 1 ditolak dan H diterima. Dengan demikian, sikap objektif siswa menggunakan model experiential learning lebih baik dibandingkan dengan model direct instruction. Demikian juga untuk sikap terbuka, kritis, dan tidak mudah putus asa yang dinyatakan lebih baik menggunakan model experiential learning dibandingkan dengan model direct instruction. Indikator sikap ilmiah yang lain yaitu teliti dan kreatif dinyatakan H 1 0 diterima dan H ditolak, sehingga sikap teliti dan kreatif siswa menggunakan model experiential learning tidak lebih baik dibandingkan dengan model direct instruction. 1 Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa menggunakan model experiential learning lebih baik dibandingkan dengan model direct instruction. Sedangkan sikap ilmiah siswa menggunakan model experiential learning secara umum lebih baik dibandingkan dengan model direct instruction, hal ini dapat dilihat dari empat indikator sikap ilmiah yang dinyatakan lebih baik yaitu sikap objektif, terbuka, kritis, dan tidak mudah putus asa. Sedangkan sikap teliti dan kreatif siswa menggunakan model experiential learning tidak lebih baik dibandingkan dengan model direct instruction.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17732
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository