ANALISIS VARIABEL-VARIABEL EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY) PRODUK PROSESOR KOMPUTER MEREK INTEL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
enelitian dengan judul “Analisis Variabel-Variabel Ekuitas Merek (Brand
Equity) Produk Prosesor Komputer Merek Intel Pada mahasiswa Universitas
Jember” ini bertujuan untuk mengetahui kondisi ekuitas merek produk prosesor Intel
Pentium dan Intel Celeron.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu suatu metode penelitian untuk
memperoleh gambaran mengenai situasi atau kejadian sehingga metode ini
berkehendak mengadakan akumulasi data, memberikan gambaran terhadap
fenomena-fenomena penelitian berdasarkan pada data primer yang diambil dari
kuesioner pada responden (Mahasiswa Universitas Jember yang memiliki komputer
dengan merek prosesor Intel Pentium dan Intel Celeron) yang ada dan tersedia pada
obyek penelitian.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: uji validitas dan
reliabilitas dengan menggunakan metode product moment pearson, rata-rata dan
standart deviasi, uji cochran, diagram performance-importance, piramida brand
loyalty, serta analisis Pro T.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Intel Pentium merupakan merek yang
mempu menduduki posisi top of mind sedangkan Intel Celeron menduduki posisi
brand recall. Pada brand association, prosesor merek Intel Celeron memiliki seluruh
asosiasi yang diujikan, sementara Intel Pentium memiliki semua asosiasi kecuali
prosesor yang murah. Pada hasil analisis perceived quality, kedua merek yang diteliti
memiliki performance yang lebih rendah daripada importancenya. Pada tingkat
brand loyalty, piramida yang terbentuk dari kedua merek memiliki piramida
sempurna yang ideal untuk brand loyalty yaitu piramida segitiga terbalik