PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH (PR) BERVARIASI SERTA UMPAN BALIK PADA PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN HIMPUNAN SISWA KELAS VII D SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 KALISAT TAHUN AJARAN 2008/2009
Abstract
Pemberian Pekerjaan Rumah (PR) merupakan salah satu metode mengajar yang
sering digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajarnya. PR yang diberikan guru
pada umumnya adalah sama untuk satu kelas atau bahkan mungkin semua kelas yang
diajarnya. Selain itu, pada umumnya pemberian PR tidak disertai dengan umpan
balik. Kebanyakan guru hanya menilai benar atau salah PR yang dikerjakan tanpa
memberikan solusi bagaimana cara penyelesaian soal tersebut, sehingga tidak
memberikan hasil yang maksimal dalam pembelajarannya. Oleh karena itu diperlukan
cara pemberian PR yang berbeda yaitu pemberian PR bervariasi serta umpan balik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan pemberian PR bervariasi serta umpan
balik, mengetahui aktivitas siswa saat umpan balik berlangsung, serta ketuntasan
belajarnya.
Pengambilan data penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kalisat pada tanggal
13 Februari 2009 - 27 Februari 2009 dengan subjek penelitian dalah siswa kelas
VIID. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif
dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan
wawancara. Data yang dikumpulkan yaitu aktivitas siswa dan guru selama umpan
balik berlangsung, nilai PR dan nilai tes akhir.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) pemberian PR bervariasi serta
umpan balik dalam pembelajaran pokok bahasan himpunan pada siswa SMP Negeri 1
Kalisat Tahun Ajaran 2008/2009 meliputi 2 tahapan pembelajaran, yaitu tahap
penyampaian materi serta pemberian PR bervariasi dan tahap pemberian umpan balik.
Secara keseluruhan kegiatan pembelajaran berjalan dengan lancar dan baik. Namun,
terdapat beberapa kendala yang terjadi selama pembelajaran berlangsung terutama
pada saat pemberian umpan balik. Adapun kendala yang dihadapi yaitu pada saat awal presentasi berlangsung (pada saat pembahasan soal no 1) keadaan kelas cukup
ramai dan siswa kurang antusias terhadap presentasi yang ditampilkan. Namun
setelah guru memotivasi siswa dengan memberikan tambahan nilai bagi siswa yang
presentasi, bertanya dan menyanggah pertanyaan, siswa mulai terlihat lebih antusias.
Selain itu, ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soalsoal
PR
yang
belum
dibahas
di
depan
kelas.
Hal
ini
dikarenakan
kurangnya
perhatian
siswa
tersebut pada saat pemberian umpan balik berlangsung. Untuk mengatasinya
guru membantu siswa untuk menyelesaikan soal tersebut; 2) aktivitas siswa
cenderung meningkat dari pembahasan soal I sampai V. Dengan rata-rata aktivitas
59% untuk aktivitas bertanya, 74% untuk aktivitas mendengarkan penjelasan, 76%
memecahkan soal dan 76% aktivitas siswa dalam hal perhatian terhadap penjelasan;
3) hasil belajar siswa dengan pemberian PR bervariasi serta umpan balik dalam
pembelajaran pokok bahasan himpunan pada siswa SMP Negeri 1 Kalisat Tahun
Ajaran 2008/2009 mencapai ketuntasan klasikal sebesar 85% pada siklus I, sehingga
tidak perlu dilanjutkan pada siklus II. Dengan demikian pemberian PR bervariasi
serta umpan balik ini dapat dikatakan cukup berhasil.