Penentuan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis Strategic Position and Action Evaluation (SPACE) Matrix pada PT. HM. Sampoerna
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil prediksi pasar 
dilihat dari tingkat pertumbuhan pasar, pangsa pasar dan pangsa pasar relatif
perusahaan serta untuk menentukan alternatif strategi pemasaran yang paling 
tepat.
 Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian empiris runtut 
waktu/historis yang merupakan penelitian yang didasarkan pada fakta serta data
yang didapat dari perusahaan. Sifat penelitian yang digunakan adalah penelitian 
komparatif,  yaitu dengan tidak melakukan percobaan (eksperimen) pada objek 
penelitian, akan tetapi hanya memetakan produk dalam pasar persaingan
industrinya menurut matrik SPACE. Jenis data yang digunakan dalam penelitian 
ini yaitu data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung dari sumbernya
tetapi melalui sumber lain yang memiliki kaitan langsung dengan masalah yang 
diteliti atau dengan kata lain yang diperoleh dari pihak kedua. Metode analisa data
menggunakan trend kuadratik, market share, tingkat pertumbuhan pasar, market 
share relatif dan matrik SPACE.
 Berdasarkan hasil pada matrik SPACE menunjukkan bahwa posisi PT. 
HM. Sampoerna berada pada kuadran kompetitif yang mengindikasikan strategi-
strategi keunggulan kompetitif (competitive advantage strategies) yang meliputi
integrasi ke belakang,  ke depan atau horizontal, penetrasi pasar, pengembangan 
pasar, pengembangan produk dan joint venture. Berdasarkan hasil penelitian 
disimpulkan bahwa PT. HM. Sampoerna memiliki strategi yang paling tepat yaitu
strategi growth.
