• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LOGIKA MATEMATIKA SISWA KELAS X API 1 SMK NEGERI 1 SUKORAMBI TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Wuri Handayuni - 080210101037_1.pdf (191.3Kb)
    Date
    2014-01-18
    Author
    Wuri Handayuni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan informasi dan pengalaman dari guru SMK Negeri 1 Sukorambi siswa sering melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan membandingkan kalimat pernyataan dan bukan pernyataan serta menerapkan modus ponens, modus tollens dan prinsip silogisme dalam menarik kesimpulan. Hal ini dapat disebabkan karena siswa kurang memahami konsep secara benar. Oleh karena itu perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk belajar mandiri, kreatif, dan lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition merupakan model yang menerapkan tiga aspek, yaitu: 1) Auditory: mendengar, menyimak, berbicara, presentasi, argumentasi, mengemukakan pendapat, dan menanggapi. 2) Intellectually: menggunakan kemampuan berpikir, konsentrasi dan berlatih menggunakannya melalui bernalar, menyelidiki, mengidentifikasi, menemukan, mencipta, mengkontruksi, memecahkan masalah, dan menerapkan. 3) Repetition: mengulang, mendalami, memantapkan dengan cara siswa dilatih melalui pemberian tugas atau kuis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X API 1 di SMK Negeri 1 Sukorambi tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat komponen pokok yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode tes dan metode angket. Hasil analisis yang diperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi siklus I pada aktivitas siswa, tahap pengerjaan LKS secara kelompok masih kurang sesuai dengan tujuan. Berdasarkan observasi pelaksanaan siklus II ini, terjadi perubahan yang baik yakni siswa mulai mengerjakan LKSmelalui diskusi dengan kelompoknya. Peningkatan aktivitas belajar matematika siswa menyebabkan ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari analisis data, siswa yang mula-mula tidak memperhatikan pelajaran, jarang mencatat, tidak mengerjakan tugas, perlahan mulai mencatat, mengerjakan tugas, dan mau memperhatikan penjelasan guru di dalam kelas. Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran AIR terdiri dari sepuluh jenis pernyataan yakni lima pernyataan positif dan lima pernyataan negatif. Rata-rata skor tanggapan siswa adalah 38,6. Berdasarkan kriteria penggolongan tanggapan siswa terhadap penerapan model AIR tergolong kategori positif. Kesimpulan yang didapat dari analisis data : (1) aktivitas siswa pada penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada pokok bahasan logika matematika kelas X API 1 SMK Negeri 1 Sukorambi tahun ajaran 2011/2012 mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II, (2) Ketuntasan belajar siswa setelah proses belajar menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada pokok bahasan logika matematika pada siswa kelas X API 1 SMK Negeri 1 Sukorambi mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II, (3) Tanggapan siswa kelas X API 1 SMK Negeri 1 Sukorambi tahun ajaran 2011/2012 terhadap model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) tergolong kategori positif
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17054
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3452]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository