• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN QUANTUM LEARNING DALAM MENGATASI KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL POKOK BAHASAN LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 12 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Pinken Vita Perdana - 080210101016_1.pdf (193.2Kb)
    Date
    2014-01-18
    Author
    Pinken Vita Perdana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan informasi dan observasi dari guru di SMP Negeri 12 Jember, siswa sering melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal tentang bangun ruang, salah satunya adalah kesalahan dalam perhitungan. Selain itu, banyak juga siswa yang masih salah dalam menggunakan rumus. Hal ini dapat disebabkan karena siswa lebih cenderung hanya menghafalkan rumus, kurang memahami konsep secara benar. Selain kesalahan-kesalahan tersebut, masih terdapat kesalahan-kesalahan lain yang dilakukan oleh siswa yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan menggunakan dua siklus. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Quantum Learning, kecenderungan kesalahan yang dilakukan siswa, dan efektivitas Quantum Learning dalam mengatasi kesalahan siswa menyelesaikan soal pokok bahasan luas permukaan dan volume bangun ruang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Jember tahun ajaran 2011/2012, yang berjumlah 42 siswa. Pengumpulan data yang diambil dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dari hasil tes, yang dilakukan setelah kegiatan pembelajaran, dikelompokkan berdasarkan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa yang meliputi kesalahan teorema, kesalahan teknik, kesalahan penggunaan data, dan kesalahan lain. Proses penelitian diawali dengan tes pendahuluan untuk mengetahui kecenderungan jenis kesalahan siswa sebelum pembelajaran. Berdasarkan hasil tes pendahuluan pada balok dan kubus dapat diketahui analisis kesalahan teorema , kesalahan penggunaan data , kesalahan teknik , dan kesalahan lain . Kesalahan yang dilakukan siswa mengalami penurunan pada tes akhir balok dan kubus dengan rincian kesalahan teorema , kesalahan penggunaan data , kesalahan teknik , dan kesalahan lain . Diperoleh kesimpulan bahwa pada tes pendahuluan dan tes akhir, siswa lebih cenderung melakukan jenis kesalahan lain. Jenis kesalahan tersebut terjadi karena siswa tidak memahami konsep pada balok dan kubus, mengerjakan terburu-buru, kurang belajar, atau kehabisan waktu sehingga mengakibatkan melakukan jenis kesalahan lain. Hasil tes pendahuluan pada prisma dan limas dapat diketahui analisis kesalahan teorema , kesalahan penggunaan data , kesalahan teknik , dan kesalahan lain . Pada tes akhir prisma dan limas, kesalahan yang dilakukan siswa semakin berkurang. Persentase kesalahan teorema , kesalahan penggunaan data , kesalahan teknik , dan kesalahan lain . Hal ini membuktikan siswa cenderung melakukan kesalahan lain dalam mengerjakan soal tes prisma dan limas. Jika dibandingkan dengan persentase jenis kesalahan yang dilakukan siswa pada tes pendahuluan dan tes akhir siklus II ini, terjadi penurunan jenis kesalahan teorema, kesalahan penggunaan data, kesalahan teknik, dan kesalahan lain. Berdasarkan data di atas, menunjukkan bahwa persentase kesalahan siswa semakin berkurang dari siklus I ke siklus II. Data hasil observasi dibedakan menurut aktivitas guru dan siswa. Untuk aktivitas guru, pada siklus I rata-rata mencapai dan meningkat pada siklus II menjadi . Hasil analisis data diperoleh bahwa keaktifan siswa selama pembelajaran rata-rata sangat aktif, rata-rata keaktifan siswa pada tiap siklus yaitu siklus I mencapai , dan siklus II mencapai . Hal di atas telah membuktikan bahwa quantum learning cukup efektif dalam mengatasi kesalahan siswa menyelesaikan soal pokok bahasan luas permukaan dan volume bangun pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Jember yang terlihat dari adanya penurunan persentase kesalahan siswa dan peningkatan aktivitas siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17037
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3452]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository