• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER DENGAN PENDEKATAN WHOLE BRAIN TEACHING PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Mufidatul Fajri_1.pdf (473.4Kb)
    Date
    2014-01-18
    Author
    Mufidatul Fajri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Persoalan budaya dan karakter bangsa saat ini menjadi sorotan tajam masyarakat. Pendidikan adalah sebuah proses yang tidak bersudahan yang sangat menentukan karakter bangsa pada masa sekarang dan masa mendatang. Hal ini sangat tergantung pada kualitas pendidikan yang dapat membentuk karakter anak bangsa. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter dengan pendekatan whole brain teaching pada pokok bahasan persamaan garis lurus kelas VIII semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan model ini terdiri dari 4 tahap yaitu: Pendefinisian ( define), Perancangan (design), dan Pengembangan (development) dan Penyebaran (disseminate). Namun pada penelitian ini hanya pada tahap pengembangan (development). Perangkat yang dikembangkan antara lain: RPP, Buku Siswa, Buku Guru, LKS dan THB. Selama ini pembelajaran matematika di kelas menggunakan metode konvensional yang masih berpusat pada guru. Peneliti mencoba membuat perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan whole brain teaching yang dapat menarik minat siswa sehingga siswa tertarik untuk dapat mempelajari matematika. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Bangsalsari Kelas VIII C. metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Analisa data merupakan cara yang paling menentukan untuk menyusun dan mengolah data yang terkumpul, sehingga dapat menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan. Hasil pengembangan yang diperoleh adalah perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter dengan pendekatan whole brain teaching untuk kelas VIII. Hasil uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan prototipe akhir instrumen adalah sebagai berikut. Prototipe 1 perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter dengan pendekatan whole brain teaching menghasilkan koefisien validitas untuk rencana pelaksanaan pembelajaran sebesar 0,88 yang berarti valid, koefisien validitas buku guru sebesar 0,9 yang berarti valid, koefisien validitas buku siswa sebesar 0,91 yang berarti valid, koefisien validitas lembar kerja siswa (LKS) sebesar 0,86 yang berarti valid, koefisien validitas tes hasil belajar sebesar 0,89 yang berarti valid. Nilai kepraktisan perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter dengan pendekatan whole brain teaching diperoleh dari persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada pertemuan pertama yaitu sebesar 92,31%, pada pertemuan kedua yaitu sebesar 92,31%, dan pada pertemuan ketiga sebesar 97,43%. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan secara keseluruhan persentase aktivias guru sebesar 94,02%. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter dengan pendekatan whole brain teaching telah memenuhi kriteria kepraktisan perangkat pembelajaran. Tingkat efektifitas perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter dengan pendekatan whole brain teaching diperoleh dari rekapitulasi hasil persentase aktivitas siswa, tes hasil belajar, dan angket respon siswa. Dari hasil aktivitas siswa, diperoleh persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama sebesar 69,23%, pada pertemuan kedua sebesar 85,04%. Dari analisis tes hasil belajar diperoleh bahwa 86,36% (19 siswa dari 22 siswa) siswa mencapai skor minimal 70. Dari angket yang telah diisi oleh 27 siswa diperoleh bahwa lebih dari atau sama dengan 94,58% siswa memberikan respon positif terhadap tiap-tiap indikator yang ditanyakan dalam angket respon siswa. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter dengan pendekatan whole brain teaching telah memenuhi kriteria keefektifan perangkat pembelajaran. Interpretasi hasil perangkatvalidasi perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter dengan pendekatan whole brain teaching yang terdiri dari: RPP, Buku Siswa, Buku Guru, LKS dan THB dapat dikategorikan sangat tinggi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17030
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3452]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository