• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT SMP KELAS VII SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Immatu Sholeha - 080210101019_1.pdf (330.9Kb)
    Date
    2014-01-18
    Author
    Immatu Sholeha
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang, sesuai standar kompetensi lulusan. Melalui pendidikan karakter diharapkan bisa mengurangi problem berat yang dihadapi peserta didik. Dalam rangka mempersiapkan peserta didik yang berkarakter, diperlukan perencanaan yang matang dalam pembelajaran. Perencanaan tersebut dapat diwujudkan dalam perangkat pembelajaran matematika berbasis pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter dengan model cooperative learning tipe jigsaw pada pokok bahasan segitiga dan segiempat. Indikator pencapaian kompetensi dibedakan menjadi tiga yaitu indikator kognitif produk, indikator kognitif proses, dan indikator afektif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Probolinggo. Pengambilan data dimulai tanggal 13 Januari 2012 sampai tanggal 22 Mei 2012. Data yang diambil dalam penelitian ini dilakukan dengan metode validasi perangkat pembelajaran, tes, wawancara, observasi, dan pengisian angket. Data dari hasil validasi perangkat pembelajaran dianalisis untuk mengetahui kevalidan perangkat pembelajaran. Data dari hasil tes, dianalisis untuk mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran. Observasi dilakukan terhadap aktivitas siswa, perilaku berkarakter dan keterampilan sosial siswa, serta kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Pengisisan angket bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Hasil analisis data validasi menunjukkan bahwa semua Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa, Tes hasil belajar dan Buku Siswa yang dikembangkan memiliki interpretasi sangat tinggi sehingga dapat dinyatakan valid dan layak diujicobakan. Dengan demikian perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter telah memenuhi kriteria kevalidan. Indikator kognitif proses dinilai dengan melakukan pengamatan aktivitas siswa. Hasil analisis data pengamatan aktivitas siswa pada pertemuan pertama, kedua, ketiga, dan keempat menunjukkan termasuk dalam kategori baik, sedangkan pada pertemuan kelima, keenam, dan ketujuh termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini menginterpretasikan bahwa sebagian besar siswa aktif mengikuti pembelajaran. Penerapan pembelajaran matematika berbasis karakter dengan model cooperative learning tipe jigsaw ini merupakan hal yang baru bagi siswa. Dengan demikian pembelajaran matematika berbasis karakter telah memenuhi kriteria keefektifan. Tingkat pencapaian kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada setiap pertemuan telah mencapai kategori baik dan sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran telah memenuhi indikator-indikator dalam lembar observasi. Guru juga telah menerapkan dengan baik semua perangkat pembelajaran yang diujicobakan meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa, Buku Siswa, dan Tes Hasil belajar. Dengan demikian pembelajaran matematika berbasis karakter telah memenuhi kriteria kepraktisan. Indikator afektif dinilai dengan melakukan pengamatan perilaku berkarakter dan keterampilan sosial siswa serta memberikan lembar penilaian diri siswa untuk mengetahui perkembangan karakter siswa. Lembar penilaian diri siswa diberikan setiap akhir pembelajaran matematika berbasis karakter dengan model cooperative learning tipe jigsaw berlangsung. Siswa yang diminta untuk mengisi lembar penilaian diri adalah 12 siswa yang diamati perilaku karakter dan keterampilan sosialnya. Nilainilai karakter dan keterampilan sosial yang ada pada lembar penilaian diri siswa sama dengan nilai-nilai karakter dan keterampilan sosial yang ada pada lembar pengamatan perilaku berkarakter dan keterampilan sosial siswa, yaitu meliputi: semangat belajar, adil, kritis, kerja keras, tanggung jawab individu, percaya diri, berani bertanya, teliti, kreatif, rasa ingin tahu, jujur, memberikan ide/pendapat, menjadi pendengar yang baik, kerja sama, dan tanggung jawab sosial. Hasil analisis data angket respon siswa menunjukkan bahwa siswa memberi respon positif terhadap semua aspek pembelajaran matematika berbasis karakter dengan model cooperative learning tipe jigsaw. Hal ini berarti siswa dapat menerima tindakan yang diberikan oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian pembelajaran matematika berbasis karakter telah memenuhi kriteria keefektifan. Tes hasil belajar dilaksanakan untuk menilai indikator kognitif produk. Hasil analisis data menunjukkan bahwa soal no.6 tidak valid, soal no.7 validitas sangat rendah, soal no. 5 dan no.9 validitas rendah, soal no.1, 2, 4, dan 8 validitas cukup, soal no.10 validitas tinggi, dan soal no.3 validitas sangat tinggi. Berdasarkan nilai yang diperoleh siswa, dapat dilihat bahwa persentase siswa yang mencapai nilai ≥ 60 sebesar 80%. Dengan demikian pembelajaran matematika berbasis karakter telah memenuhi kriteria keefektifan. Berdasarkan seluruh hasil analisis data, dihasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter dengan model cooperative learning tipe jigsaw pada pokok bahasan segitiga dan segiempat yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hal ini berarti, perangkat pembelajaran tersebut dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika pada pokok bahasan segitiga dan segiempat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16891
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3447]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository