• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model Pembelajaran Homeschooling Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kemandirian Anak

    Thumbnail
    View/Open
    c (113)c_1.pdf (622.8Kb)
    Date
    2014-01-18
    Author
    Christsandy Gunawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Homeschooling merupakan pendidikan alternatif yang menggunakan sistem pendidikan atau pembelajaran yang diselenggarakan di rumah, dengan menempatkan peran serta keluarga atau orang tua sebagai penyelenggara. Model pembelajaran homeschooling yang menempatkan peserta didik atau anak sebagai subyek, dianggap mampu meningkatkan mental mandiri pada anak. Penelitian ini menemukan masalah bagaimanakah model pembelajaran Homeschooling dalam meningkatkan kemandirian anak di Chubby Education Indonesia Kabupaten Jember Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimanakah model pembelajaran homeschooling dalam meningkatkan kemandirian anak di Lembaga Pendampingan Belajar dan Homeschooling (LPBH) Chubby Education Indonesia Kabupaten Jember. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi dalam mengevaluasi proses pembelajaran yang terjadi pada model pembelajaran homeschooling di Lembaga Pendampingan Belajar dan Homeschooling (LPBH) Chubby Education Indonesia Kabupaten Jember dalam upaya meningkatkan kemandirian pada anak. Kemandirian pada anak dilihat dari tanggung jawab, pengendalian emosi, percaya diri dan pandai bergaul. Daerah penelitian yang digunakan adalah Lembaga Pendampingan Belajar dan Homeschooling (LPBH) Chubby Education Indonesia yang ada di Jalan Danau Toba V No.13 Kecamatan Sumbersari kabupaten Jember berdasarkan metode purposive. Informan kunci dalam penelitian ini adalah peserta didik Lembaga Pendampingan Belajar dan Homeschooling (LPBH) Chubby Education Indonesia dengan menggunakan metode purposive yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Informan pendukungnya adalah pengurus Lembaga Pendampingan Belajar dan Homeschooling (LPBH) Chubby Education Indonesia, tutor Lembaga Pendampingan Belajar dan Homeschooling (LPBH) Chubby Education Indonesia dan orang tua peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitarif dan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah dengan homeschooling tunggal yang diselenggarakan Lembaga Pendampingan Belajar dan Homeschooling (LPBH) Chubby Education Indonesia menggunakan model school athome, maka kemandirian anak dapat meningkat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16858
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15272]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository