PENGARUH PRODUK, TEMPAT DAN PENGHASILAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK BERGABUNG DENGAN MULTI LEVEL MARKETING (MLM) TIANSHI JEMBER
Abstract
Multi Level Marketing (MLM) merupakan sistem penjualan langsung kepada
konsumen melalui jaringan yang dikembangkan oleh distributor secara mandiri.
Tianshi merupakan salah satu macam MLM yang berkembang pesat di Indonesia,
khususnya di Jember. Sebagian masyarakat Jember ada yang menjadikan bisnis
MLM Tianshi ini sebagai pekerjaan sampingan dan ada yang menjadikan sebagai
pekerjaan utama, bahkan ada yang meninggalkan pekerjaan tetapnya dan beralih ke
pekerjaan bisnis MLM Tianshi ini. Hal ini terjadi karena ada alasan-alasan tertentu
yang membuat konsumen bergabung dengan MLM Tianshi. Untuk itu peneliti
mengadakan penelitian yang berjudul: “Pengaruh Produk, Tempat dan Penghasilan
Terhadap Keputusan Konsumen untuk Bergabung dengan Multi Level Marketing
(MLM) Tianshi Jember”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang
signifikan dari variabel produk, tempat, dan penghasilan terhadap keputusan
konsumen untuk bergabung dengan MLM Tianshi Jember dan untuk mengetahui di
antara variabel produk, tempat, dan penghasilan yang berpengaruh dominan terhadap
keputusan konsumen untuk bergabung dengan MLM Tianshi Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.. Penelitian
ini menggunakan teknik probobilitiy sampling dalam pengambilan sampel dan yang
menjadi obyeknya adalah konsumen sekaligus distributor yang bergabung dengan
MLM Tianshi minimal satu tahun dan masih aktif. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan studi kepustakaan. Metode
analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier
berganda, analisis koefisien determinasi berganda, uji-F dan uji-t.
viii
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
Hasil penelitian menunjukan bahwa produk, tempat, dan penghasilan
berpengaruh secara simultan terhadap keputusan konsumen untuk bergabung dengan
MLM Tianshi Jember. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji simultan dengan
menggunakan uji-F dimana F
(76,055 ≥ 2,740). Koefisien
determinasi berganda (R
square
hitung
lebih besar dari F
tabel
) sebesar 0,770 yang berarti bahwa produk, tempat, dan
penghasilan secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi keputusan konsumen
untuk bergabung dengan MLM Tianshi Jember.
Berdasarkan hasil sumbangan proporsi dari masing-masing variabel bebas
terhadap variabel terikat, produk (X
1
) sebesar 32,9472%, tempat (X
) sebesar
7,9648%, dan penghasilan (X
) sebesar 36,1152%, maka variabel penghasilan
mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan konsumen untuk bergabung
dengan MLM Tianshi Jember dengan nilai sebesar 36,1152%.
Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Jember