ANALISIS ASOSIASI MEREK (BRAND ASSOCIATION) PRODUK DETERJEN JENIS BUBUK DI KALANGAN IBU RUMAH TANGGA (Studi Kasus di Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Asosiasi Merek (Brand Association)
Produk Deterjen Jenis Bubuk Di Kalangan Ibu Rumah Tangga (Studi Kasus di
Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung)”. Tujuan penelitian untuk
mengetahui asosiasi merek (brand association) dalam membentuk citra merek
(brand image) pada produk deterjen jenis bubuk merek Rinso, Surf, Daia dan
Attack pada ibu rumah tangga di Kecamatan Tulungagung Kabupaten
Tulungagung.
Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari respon atas
kuesioner yang diisi oleh ibu-ibu rumah tangga yang pernah menggunakan produk
deterjen jenis bubuk merek Rinso, Surf, Daia dan Attack. Teknik pengambilan
sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling, dengan jumlah
sampel adalah 98 orang. Alat analisis yang digunakan adalah alat analisis
pengujian instrumen yaitu uji validitas metode Pearson Product Moment, uji
reliabilitas metode Spearman-Brown, dan dianalisis dengan uji Cochran.
Berdasarkan hasil uji Cochran bahwa Produk deterjen merek Rinso
merupakan merek deterjen yang layak memiliki atribut asosiasi merek sudah
terkenal; bersih, harum dan irit; busa banyak; lembut ditangan; mudah diperoleh;
dan kemasan menarik. Selain itu produk deterjen merek Rinso tidak layak
memiliki atribut asosiasi banyak pilihan dan harga murah. Produk deterjen merek
Surf merupakan merek deterjen yang layak memiliki atribut asosiasi merek sudah
terkenal; bersih, harum dan irit; busa banyak; lembut ditangan; harga murah;
mudah diperoleh; dan kemasan menarik. Selain itu produk deterjen merek Surf
tidak layak memiliki atribut asosiasi banyak pilihan. Produk deterjen merek Daia
merupakan merek deterjen yang layak memiliki atribut asosiasi merek sudah
terkenal; bersih, harum dan irit; busa banyak; lembut ditangan; harga murah;
mudah diperoleh; dan kemasan menarik. Selain itu produk deterjen merek Daia
tidak layak memiliki atribut asosiasi banyak pilihan. Sedangkan Produk deterjen
merek Attack merupakan merek deterjen yang layak memiliki atribut asosiasi
merek sudah terkenal; bersih, harum dan irit; busa banyak; lembut ditangan;
mudah diperoleh; dan kemasan menarik. Selain itu produk deterjen merek Attack
tidak layak memiliki atribut asosiasi banyak pilihan dan harga murah.