PEMODELAN BACKWARD LOGISTIC REGRESSION UNTUK MENGUKUR LOYALITAS PELANGGAN INTERNET SPEEDY DI JEMBER (Studi Kasus Pada PT. TELKOM Kandatel Jember)
Abstract
Loyalitas merupakan perilaku konsumen dimana konsumen melakukan
pembelian ulang secara teratur. Dalam penelitian ini loyalitas pelanggan internet
Speedy di Jember diukur dengan pembelian ulang. Tujuan penelitian ini ialah
untuk mengetahui pengaruh faktor internal (usia, jumlah anggota keluarga, jenis
kelamin, tingkat pendidikan) dan faktor eksternal (status sosial, keluarga,
kelompok referensi, kualitas, merek serta pelayanan dan jaminan. Konsumen yang
dianggap loyal akan berlangganan atau melakukan pembelian ulang selama jangka
waktu tertentu dan konsumen yang loyal sangat berarti bagi perusahaan karena
biaya untuk mendapatkan konsumen baru lebih mahal daripada memelihara
konsumen lama. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi logistik
stepwise backward. Analisis ini dilakukan melalui beberapa step agar didapatkan
kombinasi variabel yang tepat untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan
eksternal yang akan diteliti yakni dalam pembelian ulang. Dari hasil analisis
regresi logistik stepwise backwad diketahui bahwa kombinasi variabel yang tepat
dalam pembelian ulang untuk mengukur loyalitas pelanggan internet Speedy di
Jember ialah variabel tingkat pendidikan, keluarga serta pelayanan dan jaminan.
Hasil penelitian ini tidak sepenuhnya sesuai dengan teori mengenai
perilaku konsumen dalam melakukan pembelian maupun pembelian ulang. Dilihat
dari realisasi yang telah dianalisis, tidak semua variabel (usia, jumlah anggota
keluarga, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status sosial, keluarga, kualitas, merek, serta pelayanan dan jaminan) tersebut dapat mengukur keputusan
pembelian ulang pada konsumen, terutama dalam mengukur loyalitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan dalam memahami perilaku konsumen
perlu memperhatikan faktor demografi, lingkungan dan atribut produk dengan
mempertimbangkan tingkat pendidikan, keluarga, pelayanan dan jaminan karena
faktor tersebut menjadi faktor yang sangat dipertimbangkan oleh konsumen dalam
melakukan pembelian ulang layanan internet Speedy di Jember. Taraf signifikansi
yang digunakan ialah 5% (0,05). Signifikansi pengaruh variabel tingkat
pendidikan terhadap pembelian ulang ialah (3,9%) 0,039. Signifikansi pengaruh
variabel keluarga terhadap pembelian ulang ialah (3,1%) 0,031. Signifikansi
pengaruh variabel pelayanan dan jaminan terhadap pembelian ulang ialah (0%)
0,000. Untuk faktor usia, jumlah anggota keluarga, jenis kelamin, status sosial,
kelompok referensi, kualitas dan merek tidak menunjukkan sigifikansi yang sesuai
yakni untuk taraf signifikansi 5% (0,05). Namun variabel-variabel tersebut juga
perlu diperhatikan, sebab juga mempengaruhi konsumen dalam mengambil
keputusan untuk tidak membeli ulang layanan internet Speedy di Jember.