• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN MENCARI HURUF PADA SISWA KELAS 1 SDN 2 WONOKOYO SITUBONDO

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-sukmamegaw-5621-1-sukmame-._1.pdf (381.9Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    SUKMA MEGA WIJAYANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini dilatarbelakangi oleh : rendahnya kemampuan siswa dalam membaca, hal ini ditandai dengan beberapa hal seperti siswa kesulitan dan terlalu lama dalam mengeja dan melafalkan, sering berhenti dalam mengeja serta kurang tepat dan kurang lancar dalam membaca. Permasalahan dalam penelitian ini dibatasi pada ruang lingkup untuk mengetahui bagaimanakah permainan mencari huruf menggunakan kartu-kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan menbaca permulaan siswa kelas 1 SDN 2 Wonokoyo Situbondo dan bagaimanakah pelafalan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 2 Wonokoyo Situbondo setelah menggunakan permainan mencari huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan pelafalan permainan mencari huruf menggunakan kartu-kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 2 Wonokoyo Situbondo melalui permainan mencari huruf pada pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dalam penelitian ini dilakukan dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2010. Instrumen penelitian ini antara lain lembar wawancara, lembar observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan yang ditujukan kepada guru (peneliti) dan siswa. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis. Pembelajaran yang efektif dan efisien sangat diperlukan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu cara untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien ialah dengan memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa serta dapat viii menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Berasarkan pengamatan dan wawancara yang telah dilakukan di SDN 2 Wonokoyo Situbondo, diperoleh informasi bahwa motivasi dan hasil belajar sebagaian besar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia masih tergolong rendah. Sebagian besar siswa kelas I masih mengalami kesulitan dalam membaca. Hasil pretest menunjukkan bahwa masih 57,14% siswa yang tidak tuntas dengan nilai rata – rata 57,85%. Nilai 57,85% jauh dari standar nilai ketuntasan minimal belajar SDN 2 Wonokoyo sebesar 70. Pembelajaran seharí – hari yang dilakukan dengan menjelaskan secara lisan, tertulis di papan tulis, dan pemberian kesempatan bertanya ketika guru mengajar, hanya direspon oleh sebagian kecil siswa. Dan siswa yang lain hanya diam dan malah ada yang bergurau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran menggunakan permainan mencari huruf dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan, motivasi belajar siswa pada siklus I mencapai nilai 58,57% dengan hasil ketuntasan belajar 43%, dan hasil belajar membaca siswa pada siklus II mencapai nilai 81,14% dengan hasil ketuntasan belajar 85,71%. Maka dapat disimpulkan bahwa kenaikan hasil belajar membaca siswa mencapai 22,57% dan kenaikan ketuntasan belajar mencapai 42,71%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran melalui simulasi mencari huruf dapat meningkatkn motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN 2 Wonokoyo Situbondo. Saran – saran dalam pelaksanaan pembelajaran disekolah, pembelajaran mencari huruf dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam penilaian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Untuk kepala sekolah hendahnya dapat mensosialisasikan hasil penelitian ini kepadaguru – guru di sekolah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16432
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository