PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA KABUPATEN JEMBER KE MANCANEGARA MELALUI FESTIVAL LAYANG-LAYANG
Abstract
Berdasarkan pengamatan selama melakukan Praktek Kerja Nyata di Kantor
Pariwisata Kabupaten Jember, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Penggunaan bahasa Indonesia maupun Inggris sangatlah penting dalam
mengembangkan kepariwisataan daerah, ataupun nasional, yaitu sebagai media
untuk bekerjasama dengan pihak asing dalam upaya pembangunan pariwisata.
2. Dalam kegiatan promosi pariwisata diperlukan bahasa pengantar yang mudah
dipahami dan dimengerti oleh semua masyarakat baik lokal maupun internasional.
Dalam hal ini Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional memiliki fungsi dan
peran aktif yang harus diterapkan dan dikuasai dengan baik, khususnya kepada
para StakeHolder di bidang pariwisata.
3. Festival Layang-Layang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Bulan
Berkunjung ke Jember (BBJ).
4. Penggunaan Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesi dalam mempromosikan
pariwisata Kabupaten Jember melalui Festival Layang-Layang perlu ditingkatkan
sebagai sarana promosi pariwisata, seperti brosur, leaflet atau internet.
5. Langkah-langkah yang diambil Kantor Pariwisata dalam menjalin kerjasama
dengan instansi atau pihak swasta sangat efektif untuk saling tukar pengalaman
dan cara-cara untuk memasarkan Pariwisata.
6. Praktek Kerja Nyata di Kantor Pariwisata Kabupaten Jember sangat bermanfaat
bagi jurusan Diploma III Bahasa Inggris dan memberi pelajaran bagaimana cara memasarkan produk pariwisata yang sasaran utamanya adalah wisatawan
berbahasa Inggris.