Pengaruh Persepsi Konsumen Tentang Layout, Suasana Lingkungan, dan Promosi Terhadap Pembelian Impulsif Pada Giant Hypermarket Banyuwangi
Abstract
Layout, suasana lingkungan, dan promosi merupakan faktor penting dalam mempengaruhi pembelian impulsif. Pembelian impulsif dapat menjadi perhatian para
pemasar atau produsen untuk menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Oleh karena itu penelitian ini ingin mengatahui pengaruh persepsi konsumen tentang layout,
suasana lingkungan dan promosi terhadap pembelian impulsif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling method yaitu konsumen perempuan berusia diatas 17 tahun yang melakukan pembelian impulsif hingga jumlah sampel sebanyak 40. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini
adalah analisis inferensial dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa layout, suasana lingkungan, dan
promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pembelian impulsif pada Giant Hypermarket Banyuwangi sebesar 81,3%, dan promosi memiliki pengaruh yang dominan sebesar 45,97%.