ELAKSANAAN KEGIATAN KORESPONDENSI PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) LUMAJANG
Abstract
Peranan surat dalam komunikasi baik untuk kepentingan pribadi maupun
berkelompok adalah sangat penting. Berkomunikasi bearti mengemukakan buah
pikiran melalui media tertentu dalam maksud untuk mendapatkan tanggapan.
Berkomunikasi dengan cara yang baik diharapkan dapat dicapai hasil yang
memuaskan. Berkirim surat merupakan suatu media komunikasi, dimana isi surat
ditulis berdasarkan pertimbangan yang matang sehingga dapat diperoleh
tanggapan dari si penerima surat sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu
surat merupakan media komunikasi yang banyak dipergunakan baik olrh badan
usaha maupun perseorangan.
Dalam rangka mencapai tujuan organisasi, unsur kerja sama baik ke dalam
maupun ke luar organisasi sangat penting artinya. Agar kerja sama dapat
dilaksanakan dengan baik, perlu ada komunikasi. Salah satu bentuk komunikasi
yang digunakan oleh suatu organisasi dengan cara tertulis, misalnya dengan
melalui surat.
Korespondensi adalah komunikasi dengan surat, sedangkan surat adalah
alat komunikasi tertulis yang berasal dari satu pihak ditujukan kepada pihak lain
untuk menyampaikan berita. Oleh karena itu, sekretaris harus dapat membuat
surat dengan baik, sebab penilaian negatif terhadap surat akan dapat
mempengaruhi penilaian negatif terhadap organisasi (Sedarmayanti, 1997 : 26).
Kegiatan korespondensi merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan didalam
suatu instansi karena digunakan sebagai arus komunikasi dan informasi yang
dapat berupa pemberitahuan, pernyataan, pertanyaan, permintaan, pemikiran,
sanggahan, dan sebagainya dilaksanakan dengan surat.