Browsing UT-Faculty of Teacher Training and Education by Title
Now showing items 11930-11949 of 14934
-
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES POKOK BAHASAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERUBAHAN BENDA PADA SISWA KELAS VI SDN SUKOSARI 02 KECAMATAN KUNIR KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2013-12-08)Dalam pembelajaran IPA di SD Negeri Sukosari 02 Lumajang, khususnya pada kelas VI (Enam) masih terlihat penerapan pendidikan yang bersifat mengejar target yang berorientasi pada ujian akhir, sehingga dalam pembelajaran ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES POKOK BAHASAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERUBAHAN BENDA PADA SISWA KELAS VI SDN SUKOSARI 02 KECAMATAN KUNIR KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2013-10-30)Dalam pembelajaran IPA di SD Negeri Sukosari 02 Lumajang, khususnya pada kelas VI (Enam) masih terlihat penerapan pendidikan yang bersifat mengejar target yang berorientasi pada ujian akhir, sehingga ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES POKOK BAHASAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERUBAHAN BENDA PADA SISWA KELAS VI SDN SUKOSARI 02 KECAMATAN KUNIR KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2013-12-18)Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan aktivitas belajar siswa kelas VI (Enam) SD Negeri Sukosari 02 mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran IPA menggunakan pendekatan keterampilan proses ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PKN POKOK BAHASAN GLOBALISASI KELAS IV DI SDN WIROLEGI 01 JEMBER
(2013-12-05)Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Wirolegi 01 Jember pada tanggal 14 November 2012, aktivitas belajar siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Beberapa faktor ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUIPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MACAM-MACAMSUMBER DAYA ALAM KELAS IV SDN UMBULSARI 02 JEMBER AHUN PELAJARAN 2011/2012
(2014-01-21)Kegiatan belajar pembelajaran di SDN Umbulsari 02 Jember kurang meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut disebabkan selama ini guru hanya menggunakan metode ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi PETA Konsep Tema 6 Cita-Citaku Pada Kelas IV di SDN Umbul 01 Lumajang
(2019-09-24)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Umbul 01 Lumajang pada hari Sabtu tanggal 03 November 2018 (prasiklus), hari Sabtu tanggal 16 Februari 2019 (siklus I), dan hari Jum’at tanggal 22 Februari 2019 (siklus II) dengan subjek ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KERAGAMAN SUKU DAN BUDAYA DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS V SDN JEMBER KIDUL 03 TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2013-12-12)Rendahnya nilai hasil belajar IPS di SD disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah model pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih terlalu berpusat pada guru. Cara untuk mengatasi permasalahan tersebut ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL POKOK BAHASAN KERJASAMA MELALUI MEDIA FILM ANIMASI PADA SISWA KELAS II SDN NOGOSARI 05 RAMBIPUJI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
(2014-01-23)Salah satu cara untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien ialah dengan memilih media pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa serta dapat menciptakan suasana pembelajaran yang ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL POKOK BAHASAN KERJASAMA MELALUI MEDIA FILM ANIMASI PADA SISWA KELAS II SDN NOGOSARI 05 RAMBIPUJI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
(2013-12-05)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS materi kerja sama siswa kelas II SDN Nogosari 05 Rambipuji melalui media film animasi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN BUNYI MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SDN SUMBERSARI 03 TAHUN PELAJARAN 2015/2016
(2016-08-15)Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran IPA sangat diperlukan agar materi yang disampaikan dapat diterima siswa dengan baik, dan proses pembelajaran lebih efektif sehingga hasil belajar ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK
(2017-12-05)Pembelajaran di SD terdiri dari beberapa mata pelajaran, salah satu dari mata pelajaran tersebut matematika merupakan mata pelajaran yang penting dan wajib dikuasai siswa. Matematika sangat erat hubungannya dengan kehidupan ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN METODE EKSPERIMEN POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BENDA KELAS III SDN KEBONSARI 01 YOSOWILANGUN- LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2013-09-12)Kegiatan pembelajaran yang kurang bervariasi seringkali membuat siswa menjadi jenuh dan mengantuk, karena selama ini pembelajaran yang dilakukan hanya bersifat teacher centered sehingga siswa akan enggan untuk ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN METODE EKSPERIMEN POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BENDA KELAS III SDN KEBONSARI 01 YOSOWILANGUNLUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2013-12-19)Kegiatan pembelajaran yang kurang bervariasi seringkali membuat siswa menjadi jenuh dan mengantuk, karena selama ini pembelajaran yang dilakukan hanya bersifat teacher centered sehingga siswa akan enggan untuk memperhatikan ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS dengan Tema Pekerjaan melalui Metode Bermain Peran di Kelas III SDN Kencong 07 Tahun Pelajaran 2011/2012,
(2014-01-16)Kegiatan pembelajaran di SDN Kencong 07 Jember kurang meningkatkan keaktifan siswa, terutama dalam pembelajaran IPS sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Hal ini disebabkan karena guru dalam mengajar atau ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN BUNYI MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SDN SUMBERPAKEM 01 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2014/2015
(2015-12-03)Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi Melalui Penerapan Metode Eksperimen di Kelas IV SD Negeri Sumberpakem 01 Bondowoso Tahun Pelajaran 2014/2015; Arif ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT BERBANTUAN MEDIA VIDEO DI KELAS IV SDN SLAWU 03 TAHUN AJARAN 2015/2016
(2016-08-09)Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe NHT berbantuan media video di kelas IV SDN Slawu 03 mengalami peningkatan aktivitas belajar siswa ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS IV SDN 08 KALIGONDO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2013-12-12)Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 08 Kaligondo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam masih rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh beberapa ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN KERJASAMA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF GUIDED NOTE TAKING DI SDN TANAH WULAN 02 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012
(2013-12-12)IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di SD. IPS memiliki kajian yang sangat kompleks. Beberapa objek kajiannya dapat menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi tersebut. Hal ini dapat dilihat dari hasil ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA PENDIDIKAN DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER KELAS III SEMESTER II SDN 2 KARANGBENDO KECAMATAN ROGOJAMPI KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2014-01-28)Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SDN 2 Karangbendo Kecamatan Kabupaten Banyuwangi. Subjek penelitiannya adalah semua siswa kelas III semester genap Tahun ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SUB POKOK BAHASAN PERKALIAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DISERTAI MEDIA CORONG BERHITUNG PADA SISWA KELAS IIIA DI SDN KARANGDUREN 01 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
(2014-01-29)Masih rendahnya kualitas hasil pembelajaran Matematika merupakan indikasi bahwa tujuan dalam kurikulum Matematika belum tercapai secara optimal. Hal ini juga dialami di SDN Karangduren 01, karena pembelajaran berpusat ...