• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL POKOK BAHASAN SIKAP KEPAHLAWANAN DAN PATRIOTISME MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT - ANALISIS NILAI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEJAYAN 1 PUJER BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    Intan Nuraini-FKIP.pdf (493.2Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    Intan Nuraini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran model VCT-ANIL merupakan sebuah model yang memancing dan memberi sebuah peluang siswa untuk mencari dan menganalisis isi dari sesuatu yang tersirat dan tersurat atau dapat pula model pembelajaran VCT didefinisikan sebagai model khusus untuk pembinaan nilai moral (afektif). Rumusan masalah penelitian ini adalah; (1) Apakah penerapan model pembelajaran VCT-ANIL dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IV SD Negeri Kejayan 01 Pujer Bondowoso pada mata pelajaran IPS?; (2) Apakah penerapan model pembelajaran VCT-ANIL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kejayan 01 Pujer Bondowoso pada mata pelajaran IPS?. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu; (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran VCT-ANIL dalam meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SD Negeri Kejayan 01 Pujer Bondowoso; (2) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran VCT-ANIL dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SD Negeri Kejayan 01 Pujer Bondowoso. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kejayan 1 Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso pada tanggal 1 Maret 2010 sampai dengan 22 Maret 2010. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV, pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, serta jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penerapan model pembelajaran VCT berdampak posistif terhadap aktifitas guru dan siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase aktivitas guru siklus I sebesar 73% dan siklus II persentase aktivitas guru sebesar 90%. Sedangkan persentase kativitas siswa secara keseluruhan yaitu Siklus I Pertemuan ke-1 mendengarkan penjelasan guru = 67%, memperhatikan gambar demonstrasi = 74%, Berdiskusi = 69%, Ikut berpartisipasi dalam menyelesaikan permasalahan = 70%, bertanya = 70%, presentasi = 75%. Siklus II pertemuan ke-1 mendengarkan penjelasan guru = 76%, memperhatikan gambar demonstrasi = 81%, berdiskusi = 82%, ikut berpartisipasi dalam menyelesaikan permasalahan = 82%, bertanya = 78% dan presentasi = 80%. Berdasarkan analisis hasil Ulangan Harian I, siswa yang tuntas dalam belajar berjumlah 22 dan yang tidak tuntas 12 siswa, sehingga ketuntasan klasikal yang dicapai adalah 65% dan persentase siswa yang tidak tuntas sebesar 35%. Analisis hasil Ulangan Harian II, siswa yang tuntas dalam belajar berjumlah 28 dan yang tidak tuntas siswa, sehingga ketuntasan klasikal yang dicapai adalah 82% dan persentase siswa yang belum tuntas 18%. Serta penelitian ini dihentikan pada saiklus II. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat dikemukakan beberapa saran sebagai berikut; (1) bagi guru-guru, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dan mengalami keberhasilan, agar dapat dijadikan sebagai salah satu solusi dalam mengatasi kesulitan pembelajaran IPS khususnya dalam mengembangkan sikap/nilai moral, sebagai upaya dalam peningkatan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16172
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository