Show simple item record

dc.contributor.authorInno Cahyaning Tyas
dc.date.accessioned2014-01-17T06:46:37Z
dc.date.available2014-01-17T06:46:37Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM080210402039
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16132
dc.description.abstractKeberhasilan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia merupakan harapan dari semua pihak. Keberhasilan tersebut dapat dilihat jika tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dalam kurikulum sudah tercapai. Untuk mencapai tujuan pembelajaran diperlukan sarana, salah satunya adalah buku teks (BT). Salah satu buku penunjang pembelajaran Bahasa Indonesia adalah buku Terampil Berbahasa Indonesia 2 untuk SMA/MA Kelas XI Program IPA dan IPS karangan Gunawan Budi Santoso, Wendi Widya, dan Uti Darmawati yang dapat diakses melalui internet. Buku tersebut merupakan salah satu dari Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang telah ditetapkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pandidikan Nasional. Buku ini menarik untuk diteliti karena dipandang telah disusun berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Penelitian ini digunakan untuk menjawab: (1) bagaimanakah materi Buku Sekolah Elektronik (BSE) SMA kelas XI ditinjau dasar-dasar penyusunan buku teks? (2) bagaimanakah implementasi prinsip-prinsip pengembangan materi pembelajaran dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) SMA kelas XI? dan (3) bagaimanakah materi Buku Sekolah Elektronik (BSE) SMA kelas XI ditinjau dari kriteria-kriteria buku teks yang berkualitas? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah semua materi pelajaran yang terdapat pada semester 1 dan semester 2 yang terdapat pada buku Terampil Berbahasa Indonesia 2 untuk SMA/MA Kelas XI Program IPA dan IPS karangan Gunawan Budi Santoso dkk dan data dalam penelitian adalah rumusan yang terdapat dalam kurikulum. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif. Dari pemaparan hasil dan pembahasan dapat dikemukakan bahwa: Penyusunan materi dalam sumber data secara umum menggunakan pendekatan secara deduktif. Materi yang disajikan menerapkan pendekatan keterampilan proses dalam penyajian bahan pengajarannya. Tujuan pembelajaran, bahan pengajaran, program, metode, sarana atau sumber, penilaian, dan bahasa sudah diterapkan dalam penyusunan materi dalam sumber data. Namun, penyusunan materinya masih perlu dikaji lagi karena masih terdapat kekurangan. Prinsip-prinsip pengembangan materi yaitu prinsip relevansi, prinsip konsistensi, dan prinsip kecukupan dapat dilihat pada bahan pengajaran dalam sumber data. Implementasi prinsip relevansi dapat dilihat dari Kompetensi Dasar dalam kurikulum yang disesuaikan dengan bahan pengajaran yang terdapat di dalam buku. Penyusunan bahan materi yang digunakan dalam buku juga memperhatikan prinsip konsistensi. Jika empat keterampilan berbahasa yang ingin diajarkan maka materi yang diberikan juga harus mencakup empat keterampilan. Materi yang diberikan harus cukup, tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih. Oleh karena itu penulis buku juga menerapkan prinsip kecukupan dalam menyusun materinya. Penyusunan materi dalam buku teks harus memperhatikan kriteria-kriteria buku teks yang berkualitas. Berdasarkan hasil analisis masih terdapat kekurangan dan perlu adanya perbaikan pada penyusunan materi dalam sumber data. Hal tersebut dikarenakan agar buku yang dijadikan sarana pembelajaran dapat memenuhi tujuan pembelajaran secara maksimal. Kekurangan tersebut tidak hanya terdapat pada bahan materinya tetapi juga terdapat pada tampilan fisik buku. Oleh karena itu, buku tersebut masih perlu dikaji lagi agar dapat diberikan saran perbaikan yang dapat menjadikan buku BSE tersebut lebih berkualitas lagien_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210402039;
dc.subjectAnalisis Materi, Buku Sekolah Elektronik (BSE)en_US
dc.titleANALISIS MATERI PELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) SMA KELAS XIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record