PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AUTHENTIC ASSESSMENT PADA KELAS VII G SMP NEGERI 1 JENGGAWAH SISWA
Abstract
hasil belajar fisika siswa melalui model pembelajaran inkuiri berbasis authentic
assessment pada siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Jenggawah
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas sehingga subyek penelitian
sudah ditetapkan yaitu siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Jenggawah yang terdiri
dari 38 siswa dan dimulai dari tanggal 27 Oktober 2011 sampai 10 November
2011 pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Desain penelitian ini
menggunakan adaptasi dari siklus Hopkins yang terdiri atas identifikasi masalah,
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data
yang diperoleh adalah aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran
berlangsung dan hasil belajar fisika siswa serta hasil wawancara dengan guru
bidang studi dan siswa.
Dari hasil analisis kegiatan observasi didapatkan bahwa besarnya
persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal secara keseluruhan pada pra
siklus sebesar 26,64%, pada siklus 1 mencapai 42,44%, dan pada siklus 2
mencapai 53,78% sehingga mengalami peningkatan sebesar 15,8% dari pra siklus
ke siklus 1 dan 11,34% dari siklus 1 ke siklus 2. Ketuntasan hasil belajar siswa
juga mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan hasil belajar pada pra
siklus yaitu dari 42,11% pada pra siklus menjadi 81,58% pada siklus 1 dan
92,11% pada siklus 2 dan telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal hasil
belajar yang ditetapkan oleh sekolah secara klasikal. Oleh karena itu, aktivitas
belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa dapat dikatakan mengalami
peningkatan dari pra siklus ke siklus 1 dan dari siklus 1 ke siklus 2. Selain itu,
berdasarkan data hasil penilaian diri dan wawancara dengan siswa, menunjukkan
bahwa model pembelajaran inkuiri berbasis authentic assessment mendapatkan
respon yang positif dari siswa.
Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
inkuiri berbasis authentic assessment dapat meningkatkan aktivitas belajar dan
ketuntasan hasil belajar fisika siswa. Model pembelajaran inkuiri berbasis
authentic assessment dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran fisika yang
dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa.