ANALISIS ASOSIASI MEREK (BRAND ASSOCIATION) PRODUK SABUN MEREK LUX, LIFEBUOY, GIV DAN NUVO DI KALANGAN IBU RUMAH TANGGA DI KECAMATAN PUGER
Abstract
Pada penelitian ini berjudul “ Analisis Asosiasi Merek (Brand
Association) Produk Sabun Merek Lux, Lifebouy, Giv dan Nuvo Di Kalangan Ibu
Rumah Tangga Di Kecamatan Puger. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
asosiasi merek pada produk sabun jenis batangan merek Lux, Lifebouy, Giv dan
Nuvo di kalangan ibu rumah tangga di kecamatan Puger. Penelitian ini
menggunakan ini menggunakan dtaa primer yang diambil dari kuisioner dari
responden, yaitu ibu-ibu rumah tangga yang pernah menggunakan sabun mandi
merek Lux, Lifebouy, Giv dan Nuvo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian
ini menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan jumlah sampel ada 80
orang. Alat analisis yang di gunakan adalah alat analisis pengujian instrumen
yaitu uji reabilitas metode Spearman Brown, dilanjutkan dengan analisis uji
Cochran .
Berdasarkan hasil uji Cochran, bahwa produk sabun mandi merek Lux
merupakan merek sabun mandi yang layak memiliki atribut asosiasi merek sudah
terkenal, banyak pilihan, mudah didapatkan, membersihkan tubuh dari kuman,
lembut di kulit, wangi tahan lama, dan juga mempunyai kualitas tinggi.
Sedangakan pada produk sabun merek Lifebouy, merupakan merek sabun mandi
yang layak memiliki atribut asosiasi harga terjangkau, banyak pilihan, mudah di
peroleh, membersihkan tubuh dari kuman, lembut di kulit. Pada produk sabun
mandi merek Giv, merupakan merek sabun mandi yang layak memiliki atribut
asosiasi merek sudah terkenal, harga terjangkau, banyak pilihan, mudah diperoleh,
lembut dikulit, dan wangi tahan lama. Dan yang terakhir pada produk sabun
mandi merek Nuvo, merupakan merek saun mandi yang layak memiliki atribut
asosiasi harga terjangkau, banyak pilihan, mudah diperoleh, membersihka tubuh
dari kuman, wangi tahan lama dan mempunyai kualitas tinggi.
Kata Kunci : Asosiasi Merek