PENGARUH FAKTOR-FAKTOR LOKASI BISNIS DAN KINERJA PEMASARAN TERHADAP KESUKSESAN BISNIS DIGITAL PRINTING DI JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Faktor-Faktor Lokasi Bisnis dan
Kinerja Pemasaran Terhadap Kesuksesan Bisnis Digital Printing di Jember”.
Dalam penelitian ini objek yang diteliti adalah usaha digital printing di Kabupaten
Jember khususnya di tiga kecamatan (Patrang, Kaliwates, dan Sumbersari).
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh antara lokasi bisnis (X),
kinerja pemasaran (Z), dan kesuksesan bisnis (Y). Data yang digunakan adalah
data primer yang diambil dari respon/jawaban atas kuisioner yang diisi oleh
pemilik usaha digital printing.
Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling
(judgment sampling) dengan responden sebanyak 40 orang. Selanjutnya metode
analisis yang digunakan adalah Analisis Jalur (Path Analysis) dengan tingkat
signifikansi (
α) sebesar 5 %. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan lokasi
bisnis (X) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran (Z) dan
kesuksesan bisnis (Y). Namun demikian kinerja pemasaran (Z) yang memiliki
pengaruh signifikan terhadap kesuksesan bisnis (Y).