PELAKSANAAN ADMINISTRASI PAKET POS PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) CABANG AMBULU - JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil Praktek Kerja Nyata (PKN) yang dilaksanakan pada PT.
Pos Indonesia (Persero) kantor Pos cabang Ambulu-Jember dapat disimpulkan
sebagai berikut :
1. Kegiatan operasional administrasi paket pos secara umum yang dilakukan
oleh PT. Pos Indonesia (Persero) kantor pos cabang Ambulu – Jember
adalah sebagai berikut :
a) Pengiriman Paket Pos
b) Penerimaan Paket Pos
c) Pengiriman Kembali dan Penyusulan Paket Pos
Sistem administrasi paket pos sudah rapi, bagus dan telah dibakukan sejak
BUMN masih sebagai perusahaan asing (pada masa pemerintahan Belanda
tahun 1864).
2. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam membantu pelaksanaan
administrasi pengiriman paket pos adalah sebagai berikut :
a) Pengisian formulir pengiriman paket pos (Pp1)
b) Penimbangan paket dan penentuan tarif
c) Pengisian Daftar Pengantar Kiriman Paket Pos (Pp2)
d) Pengisian Label Kantong Paket Pos
Urutan kegiatan-kegiatan tersebut di kantor pos cabang Ambulu – Jember
mengikuti alur-alur yang standar ketentuan perusahaan. Apabila terjadi
kesalahan maka barang / paket pos tersebut tidak akan sampai kepada
alamat yang dituju. Pelaksanaan kegiatan juga berlangsung cepat dan
cermat.