• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENYELESAIAN PERSAMAAN DIOPHANTINE LINEAR N VARIABEL MENGGUNAKAN METODE KETERBAGIAN

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (12)xx_1.pdf (596.4Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    Judfy Rokhman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Diberikan persamaan bxaxaxaxa a ni ...,,3,2,1= 332211 nn, dengan Ζ, dan , . Jika persamaan tersebut memiliki penyelesaian himpunan bilangan bulat maka persamaan tersebut adalah persamaan Diophantine linear n variabel. Persamaan Diophantine linear n variabel i =++ ... xxx ...,,, bxaxa 33 nn 21 n ∈ba xaxa memiliki penyelesaian jika dan hanya jika d | b, dimana d adalah pembagi sekutu terbesar dari . Pada skripsi ini dibahas penyelesaian persamaan Diophantine linear n variabel menggunakan metode keterbagian yang aaaa ...,,,, 321 n kemudian diaplikasikan dalam pembuatan algoritma dan pemograman dalam bahasa MATLAB. Pada awal proses penyelesaian persamaan Diophantine linear n variabel menggunakan metode keterbagian dilakukan transformasi linear yang bertujuan untuk mereduksi persamaan Diophantine n variabel menjadi suatu persamaan Diophantine 2 variabel, sehingga himpunan semua penyelesaian persamaan Diophantine linear n variabel didapatkan dalam bentuk satu parameter. Penggunaan bahasa MATLAB dalam penelitian ini dikarenakan program MATLAB memiliki fasilitas yang memudahkan peneliti dalam mengimplementasikan algoritma dari metode keterbagian yang banyak menggunakan operasi aljabar. Algoritma dari metode keterbagian dalam menyelesaikan persamaan Diophantine linear n variabel telah ditulis dalam bahasa MATLAB dan dapat dieksekusi dengan baik. Hal ini dikarenakan hasil yang diperoleh dari perhitungan dan eksekusi programming tidak terdapat perbedaan yang signifikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15698
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository