Pelaksanaan Administrasi Promosi Rokok AMild pada PT. HM SAMPOERNA Tbk Jember
Abstract
Pada hakekatnya suatu perusahaan baik yang bergerak dalam bidang
perdagangan, jasa maupun industri bertujuan mendapatkan keuntungan. Adanya
kemajuan teknologi, ilmu pengetahuan dan pembangunan di segala bidang serta
pertumbuhan penduduk yang pesat membawa akibat semakin meningkatnya
kebutuhan dan permintaan dari konsumen akan barang dan jasa. Sejalan dengan
keadaan tersebut timbul berbagai jenis perusahaan, baik itu perusahaan dagang,
perusahaan industri maupun perusahaan jasa.
Persaingan yang semakin tajam dan semakin banyaknya kompetitor dalam era
globalisasi semakin mengarahkan sistem perekonomian Indonesia khususnya
perusahaan industri untuk dapat menggerakkan roda perusahaannya ke mekanisme
pasar yang memposisikan perusahaan untuk selalu mengembangkan dan berusaha
merebut pangsa pasar agar dapat terus mempertahankan kelangsungan siklus hidup
perusahaan. Salah satu cara mencapai hal tersebut adalah dengan brand (merek).
Pemasaran dewasa ini merupakan persaingan persepsi konsumen, tidak lagi
hanya persaingan produk dengan kualitas, model maupun features (karakteristik
tambahan dari produk). Membangun persepsi konsumen dapat dilakukan melalui
jalur merek. Merek yang precious dapat dikatakan memiliki ekuitas merek yang kuat.
Ekuitas merek dapat mempengaruhi rasa percaya diri konsumen dalam melakukan
pengambilan keputusan pembelian serta meningkatkan ketajaman persaingan antar
kompetitor industri barang dan jasa yang berada di pasar sehingga mampu bersaing
merebut dan menguasai pasar.